Wali Kota GSVL: Tingkatan Daya Kritis dan Nalar Generasi Muda Manado Lewat Pelatihan Jurnalistik 

Ketua PWI Sulut, Voke Lontaan saat membawakan materi Pelatihan Jurnalistik Pemuda Manado.
Ketua PWI Sulut, Voke Lontaan saat membawakan materi Pelatihan Jurnalistik Pemuda Manado.

MANADO – Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) mendukung kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi Pemuda, OKP dan Pelajar SMA/SMK se Kota Manado yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bekerjasama IWO (Ikatan Wartawan Online) Sulut dan IWO Manado serta (PWI) Persatuan Wartawan Indonesia Sulut, Sabtu (8/12/2018).

Menurut orang nomor satu di Kota Manado ini, pelatihan jurnalistik ini sangat membantu para pemuda dalam mengasah kreatifitas dan bakat, khususnya dalam bidang tulis menulis.

“Selain ini saya berharap mampu membangun daya kritis, nalar para pemuda dalam membaca realistas kehidupan saat ini. Berikanlah ide-ide dan gagasan kreatif melalui aktifitas jurnalistik agar bisa mejalankan peran sebagai Agent Off Change,” tandas Wali Kota Manado, GSVL seperti disampaikan Kadispora Manado, Laurens Umboh.

Puluhan pemuda dari sejumlah OKP dan pelajar SMA/SMK se Kota Manado saat mengikuti pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan Dispora Manado.

Dengan  menjadi agen perubahan, menurut wali kota dua periode ini, akan menciptakan tatanan kehidupan masyarakat Kota Manado ke arah yang maju dan lebih baik karena fungsi jurnalistik selain sebagai penyedia informasi juga sebagai sosial control terhadap pemerintah, pembangunan dan masyarakat.

“Mereka berkewajiban juga menyampaikan gagasan-gagasan maupun pendapat yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas. Artinya, jurnalis juga memiliki tanggungjawab sebagai pendidik masyarakat. Informasi yang disampaikan itu mengandung pengetahuan,” tandas Umboh.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Teater SMK Negeri I Manado itu, Dispora bekerjasama dengan IWO Sulut dan Manado serta PWI sebagai pemateri, diantaranya Sekretaris IWO Sulut, Jeane Rondonuwu, Ketua PWI Sulut, Voke Lontaan dan Jemmy Sarionsong (Pemred Harian Metro) dan wartawan senior, Patria Pombengi (Pemred Berita Kawanua.com). ***

Penulis: antoreppy

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020