IKLAN

WALI KOTA GSVL JADI PENCATAT NIKAH 49 PASUTRI DI PANDU


GSVL: Selamat Menempuh Hidup Baru

MANADO — Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Manado memfasilitasi kawin massal (Nikah Bareng), kepada 49 Pasangan Suami Isteri (Pasutri) di Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken, Rabu, (5/8) sore. Pada acara kawin massal tersebut, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) bertindak sebagai pencatat nikah, untuk menikahkan 49 Pasutri yang akan membina rumah tangga baru.

image

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut saat jadi pencatat nikah massal di Pandu, Bunaken

Walikota GS Vicky Lumentut dalam memberikan arahan kepada para Pasutri baru, agar nanti bisa membina keluarga  yang rukun dan menjadi keluarga  takut akan Tuhan.Menurut GSVL sapaan akrab Walikota Manado ini, tujuan dari perkawinan bukan hanya untuk mengikat status sebagai suami isteri.
Tetapi bagaimana kita sebagai keluarga beriman kedepannya bisa menjadi rumah tangga, yang boleh menjadi teladan ditengah keluarga dan masyarakat.

image

Salah pasang Pasutri menerima buku nikah dari Wali Kota GS Vicky Lumentut

“Untuk itu mari torang sebagai rumah tangga Kristen yang baru, bisa mempraktekkan selalu hubungan kasih yang harmonis hingga dapat dicontohi anak dan cucu kita kedepan. Serta bisa hidup sejahterah, saling mengasihi hingga maut memisahkan,” kata Walikota GS Vicky Lumentut. Turut hadir mendampingi Walikota Manado GSVL dalam acara kawin massal tersebut yakni, Kepala Disdukcapil Manado, Drs Hans Tinangon.

 

Kadis Tinangon: Kawin Massal Program Rutin Pemkot Manado

 

image

Hans Tinangon

KADIS  Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Hans Tinangon mengatakan, kawin massal ini salah satu program rutin Pemkot untuk warga Manado yang dilakukan melalui Disdukcapil Manado, yakni memfasilitasi pelaksanaan kawin massal bagi masyarakat Manado.

Dijelaskan Tinangon, program nikah massal tersebut, itu bisa dilakukan setiap saat oleh Pemkot Manado melalui Disdukcapil bekerjasama dengan pihak Gereja ataupun Lembaga Organisasi yang mempunyai kepedulian social.

 

Dicatat Wali Kota, 49 Pasutri Mengaku Bangga

Salah satu pasangan kawin massal serius menandatangani surat kawinnya di depan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut

Salah satu pasangan kawin massal serius menandatangani surat kawinnya di depan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut

KEHADIRAN Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut mencatat langsung pernikahan 49 Pasutri menjadi kebanggaan tersendiri pihak keluarga mempelai. Pasalnya, tidak gampang pencatatan nikah dilakukan seorang kepala daerah. “Torang ini sangat beruntung. Pak Wali Kota sendiri jadi pencatat nikah,” kata Ulan Sambiri yang mempesunting Sisca, perempuan berdarah Sanger.

Sementara itu, Kadis Dukcapil, Hans Tinangon menjelaskan,  dalam pelaksanaan kegiatan nikah massal yang dilakukan Lembaga atau Organisasi social, untuk pelaksanaannya, selalu mengundang pemimpin Kota yakni Walikota untuk menjadi pencatat nikah. Kalau saat pelaksanaan kawin massal Walikota tidak sempat hadir, Disdukcapil bisa melaksanakan kegiatan nikah massal tersebut.

“ Jadi pelaksanaan nikah massal adalah program rutin Pemkot Manado, bukan kegiatan dadakan atau sekedar pencitraan. Kegiatan nikah massal ini  atas inisyatif Lembaga Organisasi yang memiliki kepedulian social,bekerjasama dengan pihak Gereja, Pemerintah hanya memfasilitasi pelaksanaan kawin massal untuk warga manado,” jelas Kadiscapil Manado Hans Tinangon, Rabu (5/7) sambil menambahkan, sepanjang Tahun 2015 Pemkot Manado melalui Disdukcapil Manado telah memfasilitasi sebanyak 7 kali pelaksanaan kawin massal bagi warga Manado. (anto/lipsus)

IKLAN
loading...