Walikota GSVL ‘Beberkan’ Ilmu Politik dan Pemerintahan Bagi Dosen dan Mahasiswa di Seminar Pasca Sarjana Unsrat

Walikota GSVL didampingi jajaran akademisi Unsrat dalam giat seminar di Gedung B Pasca Sarjana, Selasa (21/5).

MANADO – Walikota Manado GS Vicky Lumentut berkesempatan hadir dalam kegiatan seminar dengan tema ‘Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah’ yang digelar di Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulangi, Selasa (21/5).

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL dipercayakan menjadi keynote speaker acara tersebut. Walikota Manado memulai dengan memperkenalkan salam kerukunan kepada para dosen dan mahasiswa yang hadir. Lainnya, Walikota juga mengungkapkan asal-usul pendidikannya, S1 lulusan Teknik Sipil, S2 IPPW, sempat juga masuk Ilmu Hukum.

Walikota juga menyingung modal dan niat saat maju mencalonkan diri sebagai Walikota, hanya mempunyai modal sosial, tanpa ada modal financial Dan modal politik, hingga menggambarkan kondisi Pasca Pilkada yang berpolemik.

“Banyak tugas sebagai pimpinan daerah, misalnya menjaga daerah tetap aman dan damai, juga berperan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah yang terstruktur dan sistematis,” beber Walikota.

Lanjut dikatakan, selaku Walikota ada beberapa gagasan yang harus diperjuangkan, diantaranya saat memaksimalkan visi dan misi, sinergi dengan pihak provinsi yang juga mempunyai visi dan misi. Kedua, selaku pimpinan beberapa mengenai kerukunan, hidup aman dan damai, adalah mutlak yang harus dilakukan, menjaga stabilitas keamanan daerah.

Walikota GSVL saat membagikan pengalamannya selaku pimpinan daerah.

“Terkait pembangunan infrastruktur, meski dilapangan sering mengalami kendala, ditambah sedikit ‘ketentangan’ dengan pihak legislatif yang ada masa reses. Beberapa perubahan rencana harus dilakukan, tapi tidak harus menghindari perencanaan pembangunan yang sudah Ada dalam RPJMD yang telah tersusun,” ujar Walikota.

Ditambahkan Walikota, terlelibatan rohaniwan sangat penting untuk merawat Kota Religi. Tugasnya, melakukan pembaharu, terhadap umatnya masing-masing untuk memiliki hati yang lebih bersih.

Sementara, Sambutan Direktur Pascasarjana Unsrat Prof Markus T Lasut mengungkapkan terima kasih kepada Walikota Manado yang merupakan alumni Universitas Sam Ratulangi.

“Kami tentunya sangat bangga, bisa mempunyai alumni yang saat jadi pimpinan Daerah, yang juga terjadi di beberapa daerah lain. Semoga ide, gagasan, dan ilmu yang dibagikan Walikota bisa menjadi masukan dan informasi penting bagi kami akademisi maupun mahasiswa hadir,” ucap Lasut.

Pungkasnya, Pak Walikota manyalurkan ilmu dan pengalaman beliau selama menjadi pejabat birokrat, baik dari jabatan paling rendah hingga jabatan saat ini. Apalagi, dengan kepemimpinan beliau, Kota Manado terutama sudah banyak meraih banyak prestasi bergengsi, baik nasional maupun international. “Semoga pengalaman Pak Walikota bisa kami jadikan motivasi untuk bisa menjadi sumber daya yang bersaing dikemudian hari,” pungkasya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020