Walikota GSVL Minta Pemuda Kreatif dan Inovatif Hadapi Tantangan Revolusi Industri

Foto bersama Walikota GSVL, jajaran Dispora Manado, narasumber dan pemuda yang tergabung dalam OKP serta para siswa dari SMA dan SMK.

MANADO – Walikota Manado secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Kepemudaan OKP dan Pengurus OSIS SMA/SMK Kota Manado tahun 2019, yang digelar Dinas Pemuda dan Olaraga, bertempat di aula SMA N 1 Manado, Sabtu (13/4).

Dalam kesempatan itu, Wali kota Vicky Lumentut mengatakan pemuda berada pada era bonus demografi, yaitu banyak penduduk usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun, yang menurut para ahli dunia mempunyai peluang yang sangat besar untuk menjadi penggerak utama di daerah bahkan di pentas dunia.

“Indonesia sangat beruntung karena menerima berkat dari Tuhan dengan usia bonus demografi yang cukup besar, jika kita mengelolanya dengan baik, ini akan menjadi investasi yang sangat luar biasa untuk menjadikan negara Indonesia kedepan menjadi negara besar di dunia,” ujar Walikota GSVL.

Lanjutnya, peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik, apalagi saat ini era Revolusi Industri 4.0 sudah mulai diterapkan.

“Revolusi Industri 4.0 menuntut kita untuk meningkatkan sumber daya manusia, menjadi manusia yang kreatif dan inovatif, karena nantinya teknologi yang akan menguasai semua lini kehidupan kita, isi otak kita dengan pengetahuan-pengetahuan, dunia sekarang sedang berpacu dengan teknologi, jangan sampai kita ketinggalan,” terang Walikota Vicky Lumentut.

Kadispora Laurens Umboh : Pembinaan Pemuda Sejak Dini Itu Wajib

Walikota GSVL saat membawakan sambutan didampingi Kadispora Manado Laurens Umboh

Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga Kota Manado Laurens Umboh menegaskan bahwa pemuda Kota Manado sebagai generasi penerus bangsa, wajib dibina mentalnya.

Dimana, hal ini dikatakannya dalam kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Pemuda, OKP dan Pengurus OSIS SMA/SMK se-Kota Manado tahun 2019, bertempat di aula SMA N 1 Manado.

“Pelatihan ini dimaksudkan agar para siswa yang masih duduk di bangku sekolah bisa paham dan teredukasi mengenai dasar-dasar kepemimpinan. Dimana, program penguatan kepemimpinan merupakan program kerja Walikota dan Wakil Walikota yang mengangkat dasar-dasar wawasan kepemimpinan,” tutur Kadis Umboh.

Lanjutnya, pelatihan kepemimpinan ini dimaksudkan agar bisa menciptakan kualitas pemuda yang handal, dimulai dari pengurus-pengurus OSIS se-Kota Manado maupun ada beberapa dari beberapa OKP.

“Peran pemuda kedepan sangat dibutuhkan. Sebab itu, sejak dini harus dibina mentalnya agar lebih terlatih menjadi pemimpin yang handal. Dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan bersosialisasi yang semuanya mempunyai pengaruh terhadap perkembangan mental anak,” papar Kadis Umboh.

Penulis : stenlybeteng.

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020