Walikota GSVL : Terkait Karhutla, Jabatan Kepala Lingkungan Bisa Dicopot

Foto bersama usai mengikuti kegiatan Rakor Penanganan Penanggulangan Kebakaran.

MANADO — Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui Asisten 1 Pemerintah Kota Manado Heri saptono dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan Penanggulangan Kebakaran, menegaskan, jabatan Kepala Lingkungan (Pala) sangat terancam bila instruksi pengawasan lingkungan dari bahaya kebakaran tidak di awasi dengan maksimal.

Penegasan ini disampaikan Saptono, melihat apa yang sudah diultimatum oleh Pemerintah Pusat melalui Polri dan TNI kepada jajarannya se-Indonesia, untuk tidak main-main dengan masalah Karhutla.

“Pala harus ekstra kerja melakukan pengawasan terhadap lingkungannya, apalagi yang sangat berpotensi terjadi kebakaran. Saat ini seluruh wilayah di Indonesia sangat mengantisipasi terjadinya kebakaran, dengan begitu bila ditemukan ada oknum yang dengan sengaja menimbulkan kebakaran, dia harus ditangkap dan dilaporkan untuk menerima hukuman sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutur Saptono yang turut didampingi Kadis Damkar Manado M Sofyan.

Melihat situasi ini, Saptono pun memberi ultimatum kepada para Kepala Lingkungan untuk tidak bersantai-santai dengan ancaman kebakaran yang saat ini melanda Kota Manado.

“Bagi kepala lingkungan yang tidak bekerja serius, tidak mengawasi dan tidak peduli dengan bahaya kebakaran siap-siap jabatannya dicopot. Kami tidak main-main, ini serius. Pala harus
lakukan pengawasan terhadap lingkungan yang berperpotensi menimbulkan kebakaran, harus maksimal baik dari sisi pengawasan maupun pelaporan harus tepat dan benar,” tutur Saptono.

Turut hadir, Komandan Kodim 1309 Manado Kol Arh Cristian Noel Frederik Tangjong, pejabat lintas sektoral dan para Camat. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020