Wanita Usia Subur Dianjurkan Terus Gunakan Alat Kontrasepsi

Kepala DP2KB Mitra Kisman A Junus.

RATAHAN – Penggunaan alat kontrasepsi merupakan salah satu cara untuk menekan angka kelahiran. Ada berbagai alat kontrasepsi yang disarankan seperti Intrauterine device (IUD), Kondom, Hormonal atau Pil KB, Implan, Suntuk KB, dan Tubektomi.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Kisman A Junus, selain untuk menekan angka kelahiran, penggunaan alat kontrasepsi juga untuk kesehatan wanita usia subur yang sudah memiliki pasangan hidup.

“Program pemerintah ini sudah lama kami jalankan dan Kabupaten Minahasa Tenggara merupakan salah satu kabupaten yang berhasil mengendalikan penduduk,” kata Junus.

Lanjut, ada 12 desa yang menjadi percontohan bagi desa lain di Mitra yang disebut kampung KB. Desa-desa tersebut terus dipantau dan didampingi oleh tenaga pendamping KB.

“12 kampung KB yang ada di Minahasa Tenggara rutin kami pantau dan awasi agar kampung-kampung KB tersebut dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada,” ujar Junus.  

Ia berharap kedepan, kesadaran wanita usia subur yang telah memiliki pasangan untuk menggunakan alat kontrasepsi dapat terus meningkat.

“Tentunya harapan kami dapat terwujud dengan kesadaran wanita usia subur bisa menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang, yang telah disediakan,” pungkasnya. (rfs)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020