IKLAN

Warga Dumoga Utara Bolmong Gelar Karnaval Kemerdekaan RI


 

Wakil Bupati Yanny Tuuk, Melepas Peserta Karnaval Kemerdekaan RI. (foto dok)

Wakil Bupati Yanny Tuuk, Melepas Peserta Karnaval Kemerdekaan RI. (foto dok)

BOLMONG – Sudah menjadi agenda tahunan, warga di wilayah Kecamatan Dumoga Utara, Bolmong merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI semeriah mungkin. Setelah melakukan upacara tepatnya tanggal 17 Agustus 2015 yang dipusatkan di Lapangan Mopuya, Selasa (18/8), ribuan warga seantero Dumoga Utara dan tenggara larut dalam perayaan pesta karnaval, dan lomba panjat pinang.

Para peserta karnaval kemerdekaan ini pun datang dari berbagai desa yang tersebar di salah satu wilayah yang dikenal sebagai lumbung beras, dari siswa-siswi TK, SD, SMP dan SMU, ibu-ibu PKK serta masyarakat luas.

Karnaval ini menampilkan motor, mobil truk dan pick up yang dihiasi semenarik mungkin, barisan siswa-siswi lengkap dengan marching bandnya, serta anak-anak yang berpenampilan bak tentara, polisi, petani, penari, juga berbagai hiasan figura lainnya.

Dumoga Utara sendiri terdapat beragam etnis, yaitu Mongondow, Minahasa, Jawa, Bali, Bugis, Gorontalo, dan kesemuanya itu dituangkan dalam perayaan pesta karnaval kemerdekaan.
Menurut Camat Dumoga Utara, I Ketut Kolak S.Sos M.Kes, karnaval ini diadakan setiap tahun selain memperingati hari kemerdekaan, juga untuk mempererat hubungan di antara masyarakat Dumoga Utara.

Dia juga menilai bahwa acara seperti ini lebih mempererat hubungan emosional diantara warganya yang berasal dari berbagai kultur. “Ini adalah bukti bahwa perbedaan-perbedaan yang ada di Dumoga Utara merupakan suatu rahmat yang tak ternilai harganya,” ujar Ketut.

Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM melepas langsung rombongan karnaval di Lapangan Mopuya Utara. Wabup didampingi istri tercinta yang juga Ketua Komisi II DPRD Bolmong Lesly Lanny Kaligis. (yoan)

IKLAN
loading...