Warga Keluhkan NIK Berbeda dengan KK, Jurani Rurubua Soroti Pengurusan KTP

Anggota DPRD Manado, Jurani Rurubua. (foto:hcl)

MANADO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jurani Rurubua mengaku dirinya banyak menerima aspirasi warga terkait kartu tanda penduduk (KTP). Pasalnya, warga mengeluhkan soal nomor induk kependudukan (NIK) berbeda dengan yang tertera pada kartu keluarga (KK).

Permasalah perbedaan nomor antara NIK di KTP dengan KK tersebut ditemui warga disaat mereka mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

“Mereka mengeluhkan soal NIK tidak sesuai dengan tanggal lahir. Padahal NIK beberapa digit angkanya diambil dari tanggal lahir,” ungkap Jurani kepada Manadoline.com, Selasa (19/11/2019).

Dirinya kemudian mempertanyakan kesalahan pengisian data yang tidak benar oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Manado. Karena jika pengurusan KTP sudah salah berarti kinerja staf di kantor tersebut tidak beres.

Politisi PSI ini meminta instansi tersebut untuk melakukan pembenahan, karena imbas dari pengisian data yang salah kepada mereka yang mendaftarkan diri sebagai CPNS. Pelayanan publik dimintanya untuk diperbaiki.

“Tolong tuntaskan masalah ini. Pemerintah harus member perhatian kepada mereka yang ingin ikut CPNS. Tuntaskan juga antrian saat warga melakukan pengurusan di Disdukcapil termasuk soal blangko KTP yang belum ada padahal waktu sudah terlalu lama. (hcl)