IKLAN

Bisa Dikolaborasikan dengan Pelayanan Kesehatan Gratis UC

Warga Manado Butuh Pelayanan Kesehatan Home Care


Ketua Komisi D DPRD Kota Manado, Apriano Saerang.

Ketua Komisi D DPRD Kota Manado, Apriano Saerang.

MANADO – Program kesehatan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Universal Coverage (UC), dinilai pantas untuk dikolaborasikan dengan program kesehatan Home Care (HC) milik Pemkot Makasar. UC memberikan layanan kesehatan gratis di rumah sakit, sebaliknya HC melayani warga yang sakit langsung di rumah.
“Home care yang menjadi program unggulan Pemkot Makasar khususnya dibidang kesehatan,” ujar Ketua Komisi D DPRD Kota Manado, Apriano Saerang, kepada sejumlah wartawan di ruang komisi.
Apriano menjelaskan, program HC di dukung beberapa fasilitas seperti ambulance, layanan online serta tenaga dokter, bidan dan perawat.
“HC Makasar di back-up dengan tunjangan fasilitas ambulance yang canggih termasuk perlengkapan onlinenya,” tuturnya.
Program ini diketahui, saat Komisi D DPRD Kota Manado, melakukan kunjungan kerja ke Kota Makasar. Program HC ini sangat cocok dikolaborasikan dengan program UC milik pemkot Manado, karena ketika layanan kesehatan gratis juga di imbangi dengan layanan kesehatan langsung dari rumah, akan lebih bermanfaat dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
“Kalau UC, masih terkendala oleh proses administrasi dari pihak rumah sakit. Selalu yang terjadi adalah administrasi dulu baru dilakukan tindakan perawatan. Sedangkan untuk HC, sifatnya jemput bola dengan melakukan pelayanan di rumah warga,” jelas Saerang.
Program HC, baru saja dicetuskan oleh Walikota Makasar dan baru berjalan 2 tahun. (redaksi).

IKLAN
loading...