Warga Muslim Pasang Lilin, Ibadah Natal Rukun Delmar3-Manggis GPI Kental Nuansa Kerukunan, Ini Pesan Wali Kota

Gembala jemaat Mawar Saron, Pdt. Frangky Pahibe saat membawakan khotbah.

MANADO – Ibadah pra natal sukses dilaksanakan Rukun Delima Raya III (Delmar3) – Manggis Perum GPI Mapanget, Sabtu (14/12/2019). Ibadah natal tersebut  kental dengan nuansa kerukunan.

Tidak hanya umat nasrani hadir, anggota rukun beragama muslim yang ada di enam blok (Delmar3-Manggis) perumahan terbesar di Sulut ini ikut hanyut dalam ibadah dipimpin gembala jemaat Mawar Saron, Pdt. Frangky Pahibe.

Sejak persiapan hingga penyediaan menu ibadah natal, para anggota rukun beragama muslim ikut berkontribusi. Bahkan dalam ibadah, mereka tanpa maju kedepan memasang lilin pohon terang diiringi lagu malam kudus yang dinyayikan Bait-el Voice.

Anggota rukun umat muslim berbaur ikut memasang lilin natal

Dalam khotbahnya yang diambil dari pembacaan alkitab Yohanes 15:14-15, Pdt. Pahibe banyak menyinggung tentang arti dari sebuah persahabatan. “Makna natal tahun ini ‘Hidup Jadi Sahabat Semua Orang’. Ada yang tau gak perbedaan ‘sahabat dan teman’,” tanyanya.

Definisi dari kedua kata itu banyak, dan multitafsir. Tapi dalam pembacaan ini, menurutnya, seorang sahabat tidak seperti seorang teman. “Seorang teman belum tentu sahabat. Kalau teman banyak, tapi kalau sahabat hanya beberapa dari pilihan kita dalam berteman,” jelas Pdt. Pahibe.

Seorang sahabat bisa berbagi keluh kesah, tetapi seorang teman belum tentu. Karena teman bisa saja mencelakakan. “Sahabat kita bisa saling curhat-curhatan, kalau teman lain. Untuk itu bersahabat dengan Tuhan. Dialah sahabat sejati. Dia tahu kekurangan kita, jika ada masalah curhatlah kepada Yesus,” kata Pdt. Pahibe.

Sambutan ketua Rukun Delmar3-Manggis, Mesakh Kombongkila

Mengakhiri tahun 2019 ini, Pdt. Pahibe mengajak untuk terus meneladani Tuhan Yesus Maha Pengasih. “Mari kita semua teladani Tuhan, dia rela merendahkan diri untuk memperbaiki hubungan dengan sesame,” pintanya.

Ketua Rukun Delmar3-Manggis, Mesakh Kombongkila salut khotbah yang dibawakan Pdt. Pahibe. Khotbah ini menurutnya, menjadi dasar kasih rukun Delmar3-Manggis dalam melihat seorang sahabat.

“Semoga khotbah ini bisa membawa kasih dalam persahabatan kita sesame anggota rukung dengan orang lain,” kata Kombongkila.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) diwakili Camat Mapanget, Robert Dauhan mengapresiasi perayaan ibadah pra natal Rukun Delmar3-Manggis.

Atas nama pemerintah kota Manado, Wali Kota GSVL dan Wakil Wali Kota Mor Baatiaan, Camat Dauhan berpesan agar Rukun Delmar3-Manggi terus menjaga keamanan dan ketertiban di Perum GPI Mapanget.

“Mari kita ciptakan suasana aman dan damai disini. Saling mengingatkan agar kita bisa menikmati damai natal tahun ini. Atas nama wali kota dan wakil wali kota, saya menyampaikan selamat menyambut Natal 25 desember 2019 dan menyongsong tahun baru 1 januari 2020,” kata Dauhan. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020