Waspada, Penyakit Influenza Serang Korban Banjir dan Tanah Longsor di Manado

Anggota DPRD Kota Manado, dr Suyanto Yusuf. (Foto:hcl)

MANADO – Personil Komisi IV DPRD Kota Manado, dr Suyanto Yusuf meminta masyarakat untuk mewaspadai munculnya berbagai macam penyakit pasca bencana banjir dan tanah longsor yang melanda ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (22/01/2021).

Menurutnya, kondisi Kota Manado pasca pancaroba peralihan dua musim yaitu penghujan dan panas dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang bisa menyerang siapa saja, apalagi kepada warga yang berada di wilayah terdampak banjir.

“Situasi dan kondisi di Kota Manado pasca pancaroba, kadang panas kadang hujan, memincu munculnya beberapa penyakit yang khas,” ungkapnya kepada wartawan di Gedung DPRD Manado.

Lanjutnya, hasil kegiatan pengobatan gratis massal yang dilakukannya di Kelurahan Mahawu yang terdampak banjir dan tanah longsor, rata-rata yang muncul adalah penyakit pernafasan.

“Influenza masih mendominasi, 90 persen influenza,” ucapnya.

Suyanto Yusuf kemudian meminta instansi terkait di Pemerintah Kota Manado untuk waspada dengan munculnya penyakit pasca bencana banjir dan tanah longsor.

Instansi terkait perlu melakukan tindakan preventif dalam rangka mengatasi penyakit akibat peristiwa bencana yang terjadi di daerah ini. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020