Waspada…Sudah 110 Kejadian Kebakaran di Manado Selama 2019

MANADO — Peristiwa kebakaran tentunya tidak diinginkan oleh masyarakat pada umumnya. Namun kejadian seperti itu tentu saja tidak bisa dihindari jika kita tidak berhati-hati dan waspada dalam menghadapinya.

Seperti data yang diambil dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado, selang Januari sampai Agustus 2019 sudah ada 110 kejadian kebakaran yang terjadi di Kota Manado.

Diantaranya, ada kebakaran rumah, toko, alang-alang, gudang, dan berbagai fasilitas lainnya yang terbakar habis, yang mungkin salah satu penyebabnya adalah kelalaian kita sebagai manusia dalam menghadapinya. Baik tindakan disengaja maupun tak disengaja yang mengakibatkan terjadinya kebakaran itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado M Sofyan mengatakan kebakaran di Manado saat ini sangat patut diwaspadai. Apalagi musim kemarau dan jarangnya turun hujan menyebabkan salah satu penyebab mudahnya terjadi kebakaran di berbagai tempat di wilayah Kota Manado.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat kota Manado agar lebih waspada dan berhati-hati. Karena saat ini banyak kejadian kebakaran hutan atau alang-alang maupun rumah dan gedung yang disebabkan faktor kesengajaan maupun tidak disengaja. Sebab itu, bila ada kejadian kebakaran warga diharapkan secepatnya menghubungi pihak terkait agar bisa melaksanakan tupoksinya sebagaimana yang sudah tertera dalam SOP instansi itu sendiri. Kemudian bagi pengguna jalan diharapkan partisipasi dan kerjasamanya ketika mobil pemadam kebakaran melintas di jalan, diharapkan untuk diberikan ruang agar pekerjaan pihak pemadam kebakaran bisa terselesaikan sebelum rumah atau gedung atau alang-alang sudah membahayakan nyawa bahkan harta benda pihak yang dirugikan,” ujar Sofyan.

Berikut jumlah objek yang terbakar dari Januari – Agustus 2019 :

1. Rumah : 48
2. Toko : 5
3. Gudang : 4
4. Gardu/tiang listrik : 5
5. Alang-alang : 25
6. Mobil : 6
7. Sepeda motor : 1
8. Rumah makan : 1
9.Fasilitas kesehatan : 1
10. Bangunan gedung : 3
11. Alat elektronik : 1
12. Tabung gas : 2
13. Tumpukan sampah : 1
14  Instalasi listrik : 6
15. Kios : 1

Keterangan : total ada 110 kejadian kebakaran selang Januari-Agustus 2019. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020