WL Beri Dukungan Hutan Mangrove Jadi Destinasi Pariwisata

MANADO-Tanaman mangrove memiliki peran dan manfaat yang penting bagi kelangsungan ekosistem laut, khususnya bagi masyarajat yang berada di kawasan pesisir.

Akan esensi tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Wenny Lumentut turut melakukan penanaman mangrove yang dilaksanakan di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken Kota Manado, Selasa (9/7/2019).

Penanaman mangrove atau bakau yang digelar serentak di 12 provinsi itu, bertujuan untuk pemulihan DAS sekaligus juga mitigasi perubahan iklim.

Menurut Lumentut menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak.”Kesadaran untuk mencintai dan melestarikan lingkungan harus terus disosialisasikan dan digaungkan. Karena mangrove memang penting untuk menyelamatkan manusia dari kerusakan,”tegas Lumentut.

Lumentut  turut mensupport bila hutan mangrove akan menjadi destinasi pariwisata.

“Saya mendukung rencana Pak Gubernur untuk menjadikan hutan mangrove menjadi salah satu tujuan pariwisata, karena Sulut memiliki kekayaan di sektor kelautan dan pisisir,” tandasnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan,  menjadi suatu kebanggan karena Sulut menjadi salah satu provinsi yang terpilih sebagai tempat penanaman yang dilakukan
Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK).

“Atas nama pemerintah Sulut saya mengucapkan terima kasih kepada OASE Kabinet Kerja yang telah mempercayakan Sulut sebagai tuan rumah pelaksanaan Program Gerakan Nasional Peduli Mangrove, Pemulihan DAS dan Kampung Hijau Sejahtera,” ucap Olly.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar MSc mengatakan,  hutan mangrove akan menjadi salah satu destinasi pariwisata.

Menteri LHK juga mendukung rencana Gubernur Olly Dondokambey untuk mengembangkan kawasan wisata hutan mangrove sekaligus menjaga ekosistem laut.(27)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020