IKLAN

Wow..! Dua Hari Pendataan, 400 Warga Asing di Verifikasi


IMG_20150505_134515_editBITUNG-Pendataan warga asing asal Pilipina yang tidak memiliki dokumen untuk diversifikasi, sudah mencapai kurang lebih 400 orang. Pendataan yang dilaksanakan di Kantor DPRD Kota Bitung sejak hari Senin (4/5) sampai Selasa baru tiga Kecamatan yakni Kecamatan Lembeh Utara, Lembeh Selatan, dan Aertembaga.

 

“400 warga asing asal Pilipina yang tinggal di tiga kecamatan, belum semuanya datang di kantor DPRD Bitung untuk di Verifikasi. Ini menyangkut HAM yang terlantar tanpa ada status yang jelas,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, kepada manadoline.com, Senin (5/5).

 

Ia menjelaskan, dasar pelaksanaan pendataan tersebut adalah Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2007 tentang Tata cara memperoleh, kehilangan, pembatalan, dan memperoleh kembali kewarganegaraan Republik Indonesia.

 

“Tujuan dari pendataan ini, untuk menertibkan warga asing asal Pilipina demi stabilitas Kamtibmas, terlebih menjelang pelaksanaan Pilkada di Kota Bitung. Jumlah mereka sangat banyak di Bitung, bisa mencapai ribuan orang,” jelasnya.

 

Mantiri menambahkan, apa yang dilakukan oleh DPRD Bitung kerja sama dengan instansi terkait telah menarik perhatian Menteri Kelautan dan Perikanan RI, serta Komjen Pilipina.

 

“Komjen Pilipina sudah menyurat kepada DPRD Bitung, untuk berdialog terkait masalah warga asing asal Pilipina,” pungkas Mantiri. (jones)

IKLAN
loading...