Wow Selain Bisa Didownload, Ini Bukti Kecanggihan ULA OD-SK

MANADO– Unit Layanan Administrasi Olah Dokumen Sesuai Ketentuan (ULA OD-SK) secara online di Biro Umum dan Protokol Setda Sulawesi Utara (Sulut) baru seminggu dilaunching Gubernur Olly Dondokambey, implementasi perubahan luar biasa.

Bisa didownload melalui Play Store

Pasalnya, dampak positif ULA OD-SK secara online tidak saja dirasakan oleh para pengguna layanan, namun juga para aparatur pengelola ULA dan staf sejak dilaunchingnya Integrasi Pelayanan Administrasi Secara Online melalui ULA-ODSK.

Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Sulut Clay June Dondokambey mengakui perubahan pelayanan Administrasi pada Unit Layanan Administrasi memang sangat terasa. Antara lain kemudahan dalam bekerja, dikarenakan beberapa uraian tugas yang selama ini dilaksanakan cenderung berulang-ulang, bahkan harus dilakukan oleh beberapa orang, saat ini dapat dilaksanakan dengan mudah, efektif dan efisien.

Contoh yang paling mendasar, yakni pengagendaan surat. Jika sebelum launching atau sebelum adanya layanan administrasi terintegrasi secara online yang didukung oleh aplikasi e-office ULA harus dilaksanakan secara manual dan berulang kali disetiap jenjang Tata Usaha (ULA, Keasistenan, Sekprov, Wakil Gubernur, dan Gubernur), kini semakin mudah, karena hanya diberlakukan satu kali penggagendaan dalam sistem aplikasi,”terang Dondokambey.

Selain ini, kemudahan dalam memonitor pergerakan berkas juga semakin mudah, jika dahulu dilaksanakan secara manual, dimana staf pengelola harus turun langsung mengecek posisi berkas, sehingga memakan waktu yang cukup lama.

“Saat ini, hanya perlu mengecek posisi berkas melalui sistem aplikasi. Lewat berbagai kesempatan, para pengguna layanan ULA juga turut mengungkapkan tingkat kepuasan yang tinggi atas layanan yang diberikan oleh Unit Layanan Administrasi,”lanjutnya.

Begitu pula dengan beberapa indikator kepuasan yang disampaikan, antara lain: keramahan petugas, pelayanan oleh petugas yang semakin cepat, fungsi Aplikasi ULA-ODSK yang dapat didownload melalui _Google Play Store_ melalui smartphone sangat memudahkan, serta semakin cepatnya proses berkas yang diajukan.

Secara garis besar, tingkat kepuasan pemohon ini dapat digambarkan lewat aplikasi kepuasan layanan ULA, dimana dari 121 orang pengguna layanan yang telah memberikan penilaian, 77 persen diantaranya memberikan penilaian Sangat Baik, sedangkan 23 persen memberikan penilaian Baik, dan belum ada yang memberikan penilaian buruk.

“Kami juga menyiapkan kotak saran/kritik dilengkapi formulir untuk di isi. Harapan kami Bapak/Ibu Kepala Perangkat Daerah, ASN dan THL bahkan masyarakat umum dapat memberikan suport dan dukungan bahkan kritik guna perbaikan dan penyempurnaan Layanan Administrasi yang telah Teritegrasi Secara Online melalui ULA – ODSK,”kunci Dondokambey.

Sembari menambahkan aplikasi ULA hanya sebagai alat bantu untuk efisiensi dan efektifitas pelayanan. Paling penting adalah integritas dan kinerja seluruh perangkat pelayanan administrasi baik ASN maupun THL di seluruh perangkat daerah untuk tetap berkomitmen memberikan pelayanan maksimal, pelayanan yang ramah, mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik, serta memberikan solusi bukan hambatan.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020