Wow… Tujuh Putri Putri Sulut Jadi Penguni Pelatnas Bulutangkis 2018, Siapa Saja Mereka…

JAKARTA – Tujuh atlit bulutangkis asal Sulawesi Utara berhasil direkrut oleh Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat PBSI menjadi penghuni Pelatnas Bulutangkis Tahun 2018.

Seperti dilansir dari situs badmintonindonesia.org, para atlit bulutangkis yang dipanggil dari klub masing-masing berjumlah 104 orang atlit sudah termasuk para pebulutangkis wajah lama, tujuh diantaranya adalah putra putri asal Sulawesi Utara.

Selain Liliyana Natsir dan Greysia Polii yang menjadi langganan Pelatnas PB PBSI, nama-nama atlet baru dari hasil seleksi dari masing-masing klub ada nama Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay dari sektor tunggal putra, Ronald Alexander ganda campuran, Winny Oktavina Kandow ganda campuran, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan ganda campuran, Olivia Chellin Maria Kambey tunggal putri.

“Untuk seleksi atlet pelatnas dilakukan melalui promosi dan degradasi dan ini merupakan program tahunan PBSI. Akhir tahun 2017, atlit pelatnas di pulangkan ke klub masing-masing tapi ada beberapa atlit pelatnas akan dipanggil kembali berdasarkan keputusan tim bidang Pembinaan dan Prestasi setelah dilakukan evaluasi bersama tim pelatih,” kata Susi Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

PP PBSI untuk tahun 2018 akan menerapkan ketentuan baru dalam sistem pembinaan, dimana ada beberapa atlit pelatnas yang sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) yang artinya pembiayaan latihan dan pertandingan dibiaya oleh PBSI selama setahun.

Untuk Surat Keputusan Pantauan (SK Pantauan), untuk pembiayaan pelatihan dan pertandingan atlit pelatnas dibiayai oleh PBSI selama enam bulan, prestasi atlit tersebut dipantau dan dievaluasi jika tidak memenuhi target statusnya bisa menjadi pemain magang atau bisa saja langsung dipulangkan ke masing-masing klub.

“Untuk atlit pelatnas magang, biaya pelatihan di tanggung oleh PBSI, sementara untuk biaya pertandingan menjadi tanggungjawab masing-masing klub. Mereka selama enam bulan dievaluasi penampilannya. Mereka bisa saja dipulangkan ke masing-masing klub jika mereka tidak disiplin,” ungkap Susi Susanti.

Berikut daftar atlet bulutangkis asal Sulawesi Utara yang masuk dalam rekrutmen PP PBSI tahun 2018:

Liliyana Natsir (Djarum Kudus), Greysia Polii (Jaya Raya), Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay (Djarum Kudus), Ronald Alexander (Surya Naga), Winny Oktavina Kandow (Tangkas), Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Ragunan), Olivia Chellin Maria Kambey (Jaya Raya).(red)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020