IKLAN

WTP = Peningkatan Kesejahteraan Rakyat


Walikota Bitung saat mengikuti Seminar yang dilaksanakan oleh BPK bertempat di Auditorium Unsrat

Walikota Bitung saat mengikuti Seminar yang dilaksanakan oleh BPK bertempat di Auditorium Unsrat

BITUNG-Predikat WTP harus dibarengi peningkatan nyata kesejahteraan rakyat. Penghargaan belum sepenuhnya menjadi gambaran apakah pemerintah daerah sudah tepat dalam mengelola keuangan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Hal ini disampaikan oleh Walikota Bitung Hanny Sondakh, usai menghadiri Seminar yang di selenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang bertemakan “Pengelolaan Keuangan Negara, dan Kesejahteraan Rakyat”, di Gedung Auditorium Universitas Samratulangi Manado, Senin (11/5), didampingi Ketua DPRD Bitung Laurensius Supit dan Sekretaris Kota Bitung Drs, Edison Humiang, MSi, beserta sejumlah pejabat terkait.

 

“Beberapa Indikator harus terpenuhi jika ingin dikategorikan mampu mengelola keuangan secara baik, seperti angka kemiskinan menurun, indeks pembangunan manusia meningkat, tingkat kecerdasan meningkat, serta pengangguran berkurang,” jelas Sondakh.

 

Sementara itu, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), Harry Azhar Azis, MA, menyampiakan, kinerja BPK terhadap pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara mencakup pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

 

Dalam melaksanakan pemeriksaan kinerja, diperlukan indikator kinerja untuk menjadi acuan bagi BPK maupun lembaga yang diperiksa dan menetapkan standar dalam penilaian kinerja. dan hasil pemeriksaan kinerja oleh BPK akan memberikan penilaian terhadap aspek efisiensi, ekonomis, dan efektivitas pengelolaan keuangan negara untuk memperoleh suatu hubungan kualitas antara keuangan negara yang dikelola dan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. (jones)

IKLAN
loading...