2023 Tenaga Honorer Dihapus, Kaloh : Pemerintah Pasti Akan Cari Solusi Terbaik

MANADO-Adanya kebijakan pemerintah lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menghapus penerimaan tenaga honorer/THL di seluruh instansi. Yang rencananya akan dimulai tahun 2023.

Dan sebagai pengganti nomenklatur tenaga honorer dan THL, bakal menjadi Pegawai Pemeribtah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kebijakan Kementerian PAN-RB mendapat tanggapan serius dari Anggota Komisi I DPRD Sulut Fabian Kaloh.

Kepada wartawan, Kaloh mengakui kebijakan penghapusan tenaga honorer bukan baru kali ini saja dilakukan, tetapi sejak dirinya masih aktif di birokrat, kebijakan ini telah dilakukan pemerintah.

”Sejak saya masih aktif dinas di Kota Bitung sudah tidak boleh lagi ada pengangkatan tenaga honorer, dulu kan ada namanya Honorer Daerah (Honda), tapi dengan berjalannya waktu dengan melalui berbagai penelitian dan kajian kemudian Menteri PAN – RB mengeluarkan kebijakan baru, ya kita harus patuh dengan aturan itu kalau memang sudah tidak bisa, “ungkap Kaloh.

Mantan pejabat birokrat di Pemerintah Kota Bitung ini mengakui keterbatasan kuota pengangkatan pegawai P3K masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan pendidikan.

Bahkan disertai sejumlah persyaratan sehingga banyak pihak khawatir akan berimbas terjadi peningkatan angka pengangguran, karena tidak semua tenaga honorer bisa memenuhi persyaratan sebagai pegawai P3K.

” Apalagi untuk saat ini masih diprioritaskan bagi tenaga pendidikan dan kesehatan, itupun disertai sejumlah persyaratan, misalnya bagi tenaga pendidik sudah terdaftar dalam database Dapodik, namun saya kira pemerintah pasti punya solusi untuk menjawab kekhawatiran tersebut, ”tutupnya. (mom)