BerandaBolaang Mongondouw TimurPeraih Suara Terbanyak Internal NasDem, Seska Budiman Peluang Wakil Pimpinan DPRD Sulut

Peraih Suara Terbanyak Internal NasDem, Seska Budiman Peluang Wakil Pimpinan DPRD Sulut

TUTUYAN – NasDem salah satu partai yang akan diplot menduduki kursi wakil pimpinan DPRD Sulut menggantikan posisi Vicktor Mailangkay yang absen dalam Pileg 2024 belum lama ini.

Siapa kader yang akan menduduki posisi itu mulai diperguncingkan di internal partai besutan Surya Paloh sebagai ketua umum itu. Jika melihat perolehan suara dari enam kader NasDem yang lolos ke DPRD Sulut, Seska Ervina Budiman dinilai paling layak.

Sesuai hasil pleno KPU Sulut, istri tercinta Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto tersebut memperoleh suara signifikan yakni 27.544 suara. Perolehan caleg Dapil 4 Bolmong Raya ini terpaut jauh dari 5 caleg terpilih di bawanya yakni, Brayen Waworuntu 15. 224, Julyeta Paula Runtuwene 9. 546, Haslinda Rotinsulu 8.860, Stella Runtuwene 8. 636, dan Nick  Adicipta Lomban 5.976.

Politis perempuan yang sangat familiar di kalangan Bolmong Raya ini kali kedua menang dalam pemilihan legislative. Pertama Seskan Ervina Budiman  terpilih pada pileg 2019 lalu, dan  menjadi anggota DPRD kabupaten Boltim. Kini dia kembali terpilih sebagai calon anggota DPRD Sulut dengan raihan suara terbanyak di anatara caleg terpilih, khusus internal NasDem.

Untuk kontribusi ke partai, istri Bupati Boltim berdarah Nusa Utara ini, sejak tahun 2015 sudah menjadi kader Nasdem semenjak suaminya pertama kali bertarung di Pilkada yang diusung partai Nasdem.

Bahkan Di pileg kali ini kontribusi suara Seska Budiman mampu mendongkrak perolehan total suara NasDem hingga Bolmong Raya satu-satunya dapil yang menyumbangkan dua kursi ke DPRD Sulut.

Hal ini berkat raihan suara Seska yang melimpah di Bolmong Raya. Dengan track record yang gemilang ini Seska juga diperhitungkan sebagai kandidat kuat Pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Utara mendatang. “Iya, karena ibu Seska Budiman peraih suara terbanyak di internal NasDem untuk tiket ke DPRD Sulut,” tandas Rommy Gosal, warga Kotabunan. [anr]

- Advertisment -