BerandaHeadlinesJadi Narasumber, Steffen Linu Paparkan Strategi Pengawasan Partisipatif di Hadapan Mahasiswa Baru...

Jadi Narasumber, Steffen Linu Paparkan Strategi Pengawasan Partisipatif di Hadapan Mahasiswa Baru Fisip Unsrat

MANADO-Steffen Linu Anggota Bawaslu Sulut menjadi narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) Fisip Unsrat Manado, Jumat (16/8/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Linu memaparkan soal strategi pengawasan partisipatif. Linu menjelaskan, sebagai lembaga pengawas pemilu, Bawaslu bertugas mengawasi semua proses tahapan Pemilihan, sekaligus melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa Pemilihan.


“Dalam rangka pencegahan, Bawaslu mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilihan,” tegas Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas ini.


Salah satu strategi pengawasan partisipatif yang digunakan Bawaslu adalah dengan menggandeng kerjasama dengan Perguruan Tinggi.


“Fisip Unsrat, sudah beberapa kali kami datang, untuk audiensi maupun kerjasama kegiatan,” papar Linu.
Selain kerjasama dengan Perguruan tinggi, Bawaslu juga mengadakan Pojok Pengawasan, Pengembangan Kampung Pengawasan, Komunitas Digital Partisipatif dan Forum Warga Pengawasan Partisipatif.


Pada pelaksanaan Pilkada ini, Linu berharap mahasiswa dapat memberikan masukan soal visi misi calon yang akan berkompetisi kedepan.


Turut hadir pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unsrat Ferry Daud Liando, Komisioner KPU Sulut Awaluddin Umbola sebagai narasumber. (mom)

- Advertisment -