BerandaHeadlinesSabet Predikat Sangat Inovatif dari BSKDN, Minut di Era Bupati Joune Ganda...

Sabet Predikat Sangat Inovatif dari BSKDN, Minut di Era Bupati Joune Ganda Pembangunannya Semakin Maju

MINUT-Kepemimpinan Bupati Joune Ganda Kabupaten Minahasa Utara pembangunannya makin maju dan masyarakat di dalamnya kian sejahtera.


Ini dibuktikan lewat penilaian dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), yang memberi predikat “Sangat Inovatif”.


Kemajuan itu berdasarkan Melonjaknya Indeks Inovasi Daerah (IID) Minahasa Utara dari 29,60 pada tahun 2023 menjadi 61,13 pada Agustus 2024. Lonjakan signifikan ini menempatkan Minahasa Utara dalam kategori “Sangat Inovatif” dengan skor 60,01 – 100,00.


Prestasi ini diumumkan langsung oleh Kepala BSKDN, Dr. Yusharto Huntoyungo, disela penandatanganan pernyataan komitmen bersama penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (PUJA INDAH) di Jakarta, Pada Kamis, (12/9/2024) lalu.


“Pencapaian ini menunjukkan komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung dalam mendorong inovasi di berbagai sektor,” ujar Dr. Yusharto.


Indeks inovasi Daerah (IID) sendiri merupakan alat ukur tingkat inovasi daerah yang mengacu pada 18 indikator utama, meliputi:

  1. Regulasi Inovasi Daerah
  2. Ketersediaan SDM terhadap Inovasi Daerah
  3. Dukungan Anggaran
  4. Penggunaan IT
  5. Bimtek Inovasi
  6. Integrasi Program dan Kegiatan Inovasi dalam RKPD
  7. Jejaring Inovasi
  8. Replikasi
  9. Pedoman Teknis
  10. Pelaksanaan Inovasi
  11. Kemudahan Informasi Layanan
  12. Penyelesaian Layanan Pengaduan
  13. Keterlibatan Aktor Inovasi
  14. Kemudahan Proses Inovasi
  15. Sistem Online
  16. Kemanfaatan Inovasi
  17. Kualitas Inovasi.
  18. Monitoring dan Evaluasi
    Keberhasilan Minahasa Utara dalam meningkatkan IID menunjukkan bahwa daerah ini telah melakukan berbagai upaya strategis dalam mendorong inovasi, seperti meningkatkan kualitas SDM, memperkuat infrastruktur teknologi informasi, dan membangun kolaborasi dengan berbagai pihak.

  19. Peningkatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Minahasa Utara, seperti peningkatan kualitas hidup, pertumbuhan ekonomi, dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.(mom)
- Advertisment -