BerandaHeadlinesKetua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh Buka Rakor Bersama Stakeholder Menuju Penetapan DPT

Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh Buka Rakor Bersama Stakeholder Menuju Penetapan DPT

MANADO-Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Kordinasi Bersama Stakeholder menuju penetapan DPT Yang Valid, Komprehensif, dan Mutahir di ruang Command Center, Kantor Bawaslu Sulut, Jumat (20/9/2024).


Kegiatan Rakor ini dihadiri panwascam se-Sulut serta Bawaslu Kabupaten/Kota, dengan menghadirkan sejumlah nara sumber yakni Nur Hidayat Sardini, Tommy Sumakul serta komisioner KPU Sulut kordiv data dan informasi, Lanny Ointu.


Ardiles Mewoh sebagai Ketua Bawaslu Sulut dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, menyampaikan terima kasih kehadiran para nara sumber dan rekan-rekan media yang mengikuti rakor.


“Dalam rakor ini kami berharap ada catatan-catatan atau informasi yang akan membantu Bawaslu dan KPU jelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),”ungkap Mewoh.


Pada kesempatan itu, Mewoh mengingatkan kembali catatan dan rekomendasi Bawaslu kepada KPU terkait daftar pemilih yang sudah disampaikan bersama data valid dan bukti.


“Bawaslu apresiasi karena KPU sangat responsif. Memang yang menetapkan DPT adalah KPU kabupaten/kota sedangkan KPU Provinsi hanya rekapitulasi,”ujarnya.


Sementara nara sumber Nur Hidayat Sardini yang juga mantan ketua Bawaslu RI dan DKPP selaku narsum menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu dan KPU Sulut yang sudah dan sementara melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk mengawal demokrasi.
Sardini mengingatkan bahwa daftar pemilih sangat penting dalam proses pemilu atau Pilkada.


Sementara, Tommy Sumakul dalam materinya terkait penguatan kapasitas kelembagaan Bawaslu bersama stakeholder menuju penetapan DPT dalam Pilkada.


Dijelaskan Sumakul, ada tiga hal yang sangat penting dalam penguatan kelembagaan yaitu, pertama kolaborasi dengan stakeholder, dimana forum komunikasi intensif antara Bawaslu-KPU-Pemda dan aparat keamanan. Selain itu peningkatan koordinasi dengan parpol dan ormas. Hal yang kedua, penggunaan teknologi dan ketiga pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat dalam pengawasan DPT melalui sosialisasi.


Sementara itu, Komisioner KPU, Lanny Ointu menyampaikan KPU tetap menerima saran perbaikan dan rekomendasi Bawaslu jelang penetapan DPT.


“Saat ini sudah ada beberapa kabupaten/kota yang sudah menetapkan DPT yaitu Bitung, Talaud dan Manado. Dalam waktu dekat akan digelar rapat pleno rekapitulasi DPT Pilkada Sulut,” jelas Ointu.


Lanny juga menyampaikan bahwa pemilih terdampak bencana gunung ruang sudah disiapkan TPS lokasi khusus di Kota Bitung.


“Nantinya mereka hanya memlih calon Gubernur dan Wakil Gubernur saja ketika Pilkada 27 November nanti,’papa Lanny Ointu (mom)

- Advertisment -