3617 Kilogram Sampah Berhasil Dibersihkan dari Pantai

(Peringatan
(Peringatan World Cleanup Day di Kota Bitung)

BITUNG – World Cleanup Day (WCD) yang jatuh pada 15 September 2018 diperingati oleh Pemkot Bitung, forkopimda, pelajar, jurnalis serta masyarakat dengan melakukan aksi bersih sampah di pantai dan sungai.

Wali Kota Bitung Max J Lomban mengatakan Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam memerangi sampah plastik yang sangat mencemari lingkungan, baik di darat, sungai dan laut. “Aksi sukarela ini tentunya berdampak positif bagi diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita, karena kebersihan adalah sebagian dari Iman,” tutur Lomban.

Sementara itu dari hasil rekapan jumlah sampah yang terkumpul dalam kegiatan World Cleanup Day, lokasi dan sungai di Kota Bitung sebanyak 3617 kilogram. “Total keseluruhan sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 3617 kilogram sampah plastik,” ungkap Lomban sembari menegaskan pentingya kesadaran dari masyarakat karena banyak masyarakat belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu Kepala Sekolah Sungai Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung mengingatkan seluruh masyarakat Kota Bitung untuk tidak membuang sampah di saluran air, sungai, laut dan darat. “Saya berharap masyarakat Kota Bitung untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena sampah yang kita buang, terutama sampah plastik sangat berbahaya bagi kehidupan kita serta biota laut kita,” ujar Rawung.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dengan membiasakan diri untuk selalu membawa thumbler (botol air) isi ulang. “Dengan menggunakan thumbler kita bisa meminimalisir sampah plastik,” tandasnya.(hry)

Rekapitulasi Sampah Yang Terkumpul:
Lokasi 1
Pantai Batu Putih.
Jumlah sampah : 320 kg.

Lokasi 2
Pantai Tanjung Merah – Batas Sungai Girian.
Jumlah sampah : 280 kg

Lokasi 3
Pantai Girian Bawah – Pantai Wangurer
Jumlah sampah : 376 kg

Lokasi 4
Pantai Depan PT.MNS Wangurer – Pantai Candi Kelurahan Bitung Barat 1
Jumlah sampah : 380 kg.

Lokasi 5
Pantai Pelabuhan Samudera Bitung – Pantai Naemundung.
Jumlah sampah : 430 kg

Lokasi 6
Pantai Tandurusa – Pantai Makawidey
Jumlah sampah : 390 kg.

Lokasi 7
Pantai Lembeh Utara.
Jumlah sampah : 278 kg.

Lokasi 8
Pantai Lembeh Selatan.
Jumlah sampah : 260 kg.

Lokasi 9
Sungai Girian
Jumlah sampah : 903 kg

TOTAL : 3617 kg
SUMBER: Humas dan Protokol Pemkot Bitung