BerandaHeadlinesBawaslu Goes To Campus, Steffen Linu Apresiasi Unsrat Manado

Bawaslu Goes To Campus, Steffen Linu Apresiasi Unsrat Manado

Steffen Linu

MANADO-Mahasiswa merupakan subjek yang penting untuk dilibatkan dalam pegawasan bersama Bawaslu.Penegasan ini disampaikan langsung oleh Komisioner Bawaslu Sulut Steffen Linu yang hadir mewakili Bawaslu RI, di kegiatan Bawaslu RI dalam program Bawaslu Goes To Campus, Senin (9/9/2024). Dan menjadi titik pelaksanaan kegiatan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.


Pada kesempatan itu, Anggota Bawaslu Sulut Steffen Linu mengapresiasi serta berterima kasih kepada Unsrat Manado yang sudah menerima pelaksanaan Program tersebut.


Dijelaskan Linu, mahasiswa mempunyai idealisme yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk mengorganisasi rekan-rekannya serta masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada.


Lanjut Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Sulut ini, mahasiswa juga biasanya lebih terampil dalam menggunakan teknologi informasi, hal ini bisa membantu Bawaslu dalam melaporkan secara real time apabila ada dugaan pelanggaran pemilu.


“Tujuan kegiatan ini, agar keterlibatan mahasiswa lebih meningkat, dan melalui kegiatan ini kesadaran politik mahasiswa akan isu-isu demokrasi lebih terbangun dengan baik. Dengan keterlibatan aktif mahasiswa dalam pengawasan pemilihan serentak diharapkan proses pemilihan dapat berlangsung secara transparan dan adil serta meingkatkan keterlibatan publik secara demokratis,” tegas Linu.


Lanjut Linu, hak untuk dipilih dan memilih merupakan hak asasi manusia yang diatur dalam UUD. Termasuk hak untuk memperoleh pengetahuan atau informasi terkait penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan.


Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa yang terdiri dari berbagai perwakilan organisasi mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri (Unsrat ) Manado. Turut hadir, Kepala Bagian Pengawasan dan Humas Bawaslu Sulut Anggray Sari Mokoginta dan Staf Bawaslu Provinsi Sulut. (mom)

- Advertisment -