BerandaHeadlinesPengawasan Pelaksanaan Coklik, Bawaslu Sulut Pakai Metode Uji Petik

Pengawasan Pelaksanaan Coklik, Bawaslu Sulut Pakai Metode Uji Petik

MANADO-Jumat (12/7/2024) Bawaslu Sulut melaksanakan Rapat Evaluasi Pengawasan Coklit bersama Bawaslu Kab/Kota se-Sulut terkait Daftar Inventaris Masalah (DIM) dan Metode Uji Petik.


Rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh dan Anggota Bawaslu Sulut Steffen Linu serta diikuti oleh Anggota Bawaslu Kab/Kota (Koordiv Pencegahan) secara daring, via zoom meeting.


Dikegiatan ini, Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh mengingatkan jajarannya agar setiap hasil pengawasan coklit perlu di analisis dan di uji kebenarannya.
“Rekap data yang di dapat oleh Bawaslu Kab/Kota itu perlu di uji validitasnya, dengan cara melakukan penelusuran langsung,” tegas Mewoh.


Sedangkan terkait DP4/ A-Daftar Pemilih untuk pemilihan yang berkurang jauh dari jumlah DPT Pemilu kemarin, Mewoh ingatkan perlu mendapat perhatian.


“Misalnya di Minahasa, A-Daftar Pemilih yang ada saat ini berkurang hingga 12.000 pemilih dari DPT Pemilu kemarin, ini perlu diperhatikan, jangan sampai ada anomali data disini, “ungkap Mewoh.


Untuk metode Uji Petik, Mewoh mengarahkan jajarannya agar diselesaikan 7 (Tujuh) hari sebelum coklit selesai.
“Uji petik ini adalah cara kita memastikan, Coklit 100 % oleh KPU ini apakah sudah keseluruhan atau ada yang terlewati,” ujar Mewoh.


Sementara itu, Anggota Bawaslu Sulut Steffen Linu dalam rapat tersebut menegaskan, perbedaan cara pandang paksanaan Coklit antara KPU dan Bawaslu.


Dijelaskan Linu, melalui metode uji petik inilah akan membuat cara pandang itu berbeda. “Kita memastikan kualitas data pemilih, salah satunya melalui Uji Petik yang akan dilaksanakan sehingga kita (Bawaslu) tidak hanya melihat sisi kuantitas dari Proses Coklit,” papar Linu.


Linu menambahkan, pelaksanaan Uji Petik bisa bersamaan dengan Patroli Kawal Hak Pilih yang sudah dilakukan oleh masing-masing Bawaslu Kab/Kota.


Selain itu, Posko Kawal Hak Pilih yang sudah ada perlu dimaksimalkan sosialisasinya, agar diketahui masyarakat luas.


Keduanya berharap pihaknya (Pengawas Pemilu di Sulut) benar-benar hadir dalam tahapan ini, untuk memastikan proses coklit benar-benar sesuai. (mom)

- Advertisment -