Anggota KPU Sulut Hadiri Rakor Tahapan Pencalonan Kepala Daerah 2024 di Bali

MANADO-Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan bersama Anggota KPU Sulut Salman Saelangi dan Meidy Tinangon, serta Kasubag Teknis dan Parhubmas KPU Sulut Novie Runtukahu menghadiri Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 bertempat di The Stones Hotel Legian Bali yang berlangsung dari tanggal 30 Juni s.d 2 Juli 2024.


Kegiatan ini diawali dengan sambutan selamat datang dari Ketua KPU Provinsi Bali dan kemudian dilanjutkan laporan Panitia terkait pelaksanaan kegiatan oleh Karo Teknis Penyelenggaraan KPU Melgia Carolina.


Pada kesempatan itu, Ketua KPU Hasyim Asyari membuka secara resmi membuka kegiatan.
Dalam sambutannya Hasyim menghimbau agar para peserta yang hadir mengikuti kegiatan dengan baik terutama terkait proses Pencalonan, periodisasi calon, periode masa menjalani hukuman (bagi calon mantan terpidana);

.Syarat Calon;

Persyaratan Pencalonanan

Ijazah Calon;

Hasyim juga mengingatkan kembali kepada para peserta rakor terkait persoalan-persoalan pilkada dimasa sebelumnya agar tidak terulang kembali.


Hadir dalam acara pembukaan Anggota KPU dan pejabat kesekjenan yaitu Idham Kholik, Betty Epsilon Idroos, Yulianto Sudrajat, August Melaz, para Deputi serta Kepala Biro.


Dihari kedua kegiatan diisi narasumber dari Anggota Bawaslu RI, Kemendagri, Polri, Kemendikbud (Dirjen Paud, Pendidikan Dasar & Pendidikan Menengah)dan dipandu oleh moderator Kabag Teknis Pencalonan Tunjung.


Pada hari terakhir, hadir dan sekaligus memberikan materi yaitu Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Idham Holik, yang pada paparan materinya Idham menguraikan Rancangan Peraturan KPU Pencalonan yang saat ini masih menunggu untuk diundangkan. Idham juga berpesan agar KPU Provinsi pada saat proses pengundangan selesai segera buatkan bimtek terkait pencalonan secara berjenjang.


Acara ditutup oleh Anggota KPU Mochammad Afifuddin, didalam arahannya Afifuddin menekankan pentingnya soliditas dalam suatu lembaga. (mom)