Atlet Sulut Terus Berlatih Jelang Kejurnas Barongsai Yogyakarta dan PON 2024, Ini Pesan PB FOBI

MANADO– Cabang olahraga (cabor) Barongsai akan dipertandingkan untuk kali pertama dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

Diketahui, PON 2024 akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Rencananya, Cabor Barongsai akan dipertandingkan di Sumut.

Meski demikian, Barongsai yang sebenarnya kesenian asal Cina tersebut sudah pernah menjadi cabor eksibisi pada PON 2016 di Jawa Barat (Jabar).

Sekjen Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI), Xaverius Djunair mengatakan terus bersiap menuju PON 2024.

“Salah satunya fokus meningkatkan kualitas para atlet, di antaranya dengan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Yogyakarta, yang akan berlangsung pada Oktober 2022,” ujarnya saat menyambangi Sekretariat Pengprov FOBI Sulut, Kamis (8/7/22).

Dalam kesempatan itu, Sekjen Djunair juga memberikan sosialisasi tentang Peraturan Pertandingan dan Penilaian Perlombaan Barongsai Berstandart Nasional dan Internasional kepada para atlet dan pelatih barongsai FOBI Sulut.

“Tidak ada kata terlambat saat kita terus berlatih dan berlatih. Saya harap, setelah tahu aturannya bisa berprestasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan ada beberapa kegiatan juga yang akan berlangsung sebelum PON 2024.

“Rencananya, kegiatan akan ada Pra Pon tahun 2023 dan ada kejuaraan internasional juga, serta Kejurnas pada bulan Oktober 2022 ini dan PON 2024 di Aceh dan Sumut,” tuturnya.

“Saya melihat atlet Sulut cukup luar biasa, bisa fokus berlatih disini. Manfaatkanlah fasilitas yang diberikan KONI ini dengan baik agar bisa berprestasi dengan baik, saya yakin Sulut bisa berprestasi dikemudian hari, untuk pengurus FOBI Sulut juga sudah luar biasa,” sambungnya.

Sekjen Djunair juga memberikan motivasi kepada atlet, berlatih dan berlatih terus, ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan yakni, disiplin, punya komitmen yang kuat, kompak dengan tim, harus saling mendukung.

“Semangat yang luar biasa dari kalian saya yakin kalian bisa,” tukasnya, sembari mengatakan, intinya, saya ingin Barongsai Sulut maju dan terus berkembang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengprov FOBI Sulut, Suntje Monintja melalui Sekretaris Umum Jornal Humena memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sekjen PB FOBI,  Xaverius Djuanair yang bisa datang ke Sulut untuk memberikan sosialisasi yang sangat penting ini.

“Kesempatan yang amat langkah bisa mendapatkan ilmu barongsai dari suhunya. Terima kasih untuk pak sekjen bisa hadir di Sulut,” tandas Humena.

Diketahui, kegiatan sosialisasi turut dihadiri juga oleh, Bendahara Umum FOBI Sulut Tan Bun Sian, Bidang Kompartemen Pembinaan Prestasi (Pelatihan, Pendidikan, pertandingan, Perwasitan) Ketua Boy Lauwrens, Anggota Stenly Lahope, Rommy Mangimpis, Fikran Van Gobel dan Bidang Humas dan Promosi, Engelin Ain Karundeng dan Ketua FOBI Minahasa Utara Arly Dondokambey, serta tamu undangan lainnya.

(**)