Awal Pemerintahan AARS Pimpin Manado, 412 THL Dirumahkan

Adi Zainal Abidin

MANADO – Andre Angouw dan Richard Sualang (AARS) Senin (10/5/2021) pagi sah memimpin Kota Manado setelah resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey di Aula Gubernur Bumi Beringin.

Kabar tak sedap pun hinggap di awal pemerintahan dua top eksekutif jagoan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai wali kota dan wawali Manado ini. Sebanyak 412 THL (Tenaga Harian Lepas) dinformasikan telah dirumahkan.

Ratusan THL itu keseharian membiayai hidup mereka lewat APBD yang dialokasikan di DPRD Manado. Sekretaris DPRD Manado, Adi Zainal Abidin dikonformasi wartawan tidak membantah 412 THL di instansi dipimpinanya telah dirumahkan.

“Mereka (THL) bekerja sesuai kontrak. Dan kontrak mereka sudah habis sejak tanggal 30 april,” kata Adi. Diakuinya, 412 THL itu telah membebani APBD kota Manado, karena sesuai Anjab (Analisa Jabatan) hanya 86 alokasi THL untuk DPRD Manado.

Adi tak bisa menjawab lebih terkait membludaknya 412 THL yang direkrut di dewan sejak Januari. :”Teman-teman tahu sendiri jo, ini lembaga dewan. Lembaga politik,” ujarnya.

Yang pasti, selama 412 THL itu bekerja tetap diberi honor. Hanya saja honor mereka tak seperti layaknya THL di instansi lain sebesar Rp3 juta. “Hanya 2 juta. Itupun mereka bekerja masuk kantor sistim sift. Dua minggu sekali,” pungkas Adi.

DPRD Manado sendiri akan membuka kembali rekrtutmen THL baru. Kemungkinan, rekrutmen ini juga melebihi anjab karena DPRD Manado dalam waktu dekat akan menempati kantor lebih besar.

“Dewan Manado rencana akan pindah ke eks kantor DPRD Sulut di KONI sana. Kita akan lihat berepa banyak THL akan direkrut mengingat kantornya lebih besar. Saat ini saya sedang berkoordinasi,” ujar Adi. (anr)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020