Bupati Buka Galeri Seni Adhyaksa Creative Center

Bupati Jabes Ezar Gaghana bersama Kajari Sangihe Eri Yudianto SH saat membuka Adhayaksa Creative Center.

Manadoline.com, Tahuna- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME membuka secara resmi Adhyaksa Creative Center, Senin (21/03/2022).


Galeri Seni Adhyaksa Creative Center yang berada di bekas Gedung Kejari Sangihe di Pusat Kota Tahuna, di isi beberapa hasil karya seni para seniman asli Sangihe. Seperti Fotografi, lukisan dan kerajinan tangan lainnya. 


Kejari Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto mengatakan, Acara ini juga dapat terselenggara atas kerjasama Kejaksaan Negeri Kepuluan Sangihe bersama Seniman-Seniman Kabupaten Kepulauan Sangihe yang bertujuan mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepuluan Sangihe.


“Jadi Kejaksaan dalam perintah Pak Jaksa Agung Kejaksaan diwajibkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional apalagi setelah pandemi ini, sudah diserahkan kepada masing-masing Kejari yang bersangkutan dan kita membuat event seperti ini terkait nanti ujungnya,” katanya.

“Pada pertumbuhan ekonomi kita buktikan bahwasanya dalam karya-karya temen-temen seni ini sudah ada beberapa pihak loyer yang mau membeli karya-karya seni ini, yang selama ini kan temen-temen seni hanya berkarya aja tanpa ada kegiatan yang bersifat profesional atau bersifat profit dengan adanya ini setidaknya mendapatkan income dari teman-teman kesenian,” sambung Yudianto. 


Lanjutnya, pameran foto dan lukisan dilaksanakan mulai tanggal 21 maret sampai tanggal 21 Juni 2022. Dengan harapan bisa memotivasi dunia seni, dan mengangkat perekonomian para seniman di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 


“Harapan kita nanti adik-adik sekolah bisa berkunjung ke sini karena apa di dalam pameran ini kita juga memamerkan foto-foto yang merupakan kebudayaan atau asli khas daerah Sangihe jadi setidaknya adik-adik kita itu sudah mempunyai rasa kepemilikan terhadap budaya yang ada di sini,” kata Kajari. 


Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes E Gaghana dikonfirmasi disela-sela acara pameran mengatakan, Pemerintah daerah berterima kasih dan memberikan dorongan semangat dan dukungan secara penuh terhadap agenda pameran foto dan lukisan. 


“Inovasi dari Pak Kajari Sangihe melihat peluang dan ruang terhadap potensi yang ada di Sangihe yang perlu dikembangkan yang selama ini belum banyak disentuh oleh berbagai pihak, dan pameran foto dan lukisan adalah sebuah terobosan yang sangat memadai untuk dan sangat memungkinkan dengan hasil yang cukup luar biasa dan tentu kita sudah Pemerintah daerah berterima kasih dan memberikan dorongan semangat dan dukungan secara penuh terhadap agenda seperti ini,” pungkas Bupati.