Dapat Dana Hibah, FKDM Sulut Bahas Program dan Kegiatan yang Perspektif

MANADO-Setelah menerima Surat Keputusan (SK) dari Gubernur, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) langsung bergerak cepat, dengan melakukan rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua FKDM Sulut Fabian Kaloh, Kamis (10/3/2022) di ruang Komisi I DPRD Sulut.

Fabian Kaloh bersama anggota FKDM Sulut.

Kepada wartawan, Fabian Kaloh mengatakan, rapat ini membicarakan soal program dan kegiatan.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dulu pada Pemprov yang telah mempercayakan FKDM sehingga bisa dapat hibah dana Rp 150 juta,” ungkap Anggota DPRD Sulut ini.

Lanjut Kaloh, rapat FKDM ini juga membicarakan bagaimana menggunakan dana tersebut seefektif dan efisien mungkin.

Febian Kaloh saat memimpin rapat.

“Paling penting pertanggungjawaban keuangan, karena akan diperiksa,”ucapnya. Sambil menegaskan FKDM akan konsentrasi di berbagai program yang perspektif.

“Kita berbeda dengan organisasi atau forum yang lain. Kalau kita, misalnya langkah-langkah apa yang dilakukan untuk mencegah. Kan kewaspadaan dini. Apakah itu persoalan sosial masyarakat, termasuk persoalan bencana,” tegasnya.

Kaloh pun mencontohkan,
kalau soal bencana, FKDM akan turun di tempat-tempat tertentu untuk mitigasi ke masyarakat bagaimana langkah-langkah yang diambil.

“Mengimbau pada masyarakat. Namun setiap bulannya akan buat kajian untuk sampaikan ke instansi terkait soal langkah-langkah pencegahan,”ungkap Kaloh.

Sedangkan mengenai sosial kemasyarakatan, FKDM mencegah sebelum terjadi peristiwa yang rugikan masyarakat. Misalnya persoalan tarkam.

“Yang pasti kita sadarkan mereka serta menekan angka kriminal. Kita masuk ke komunitas atau sekolah untuk berikan edukasi dan lainnya,”ujarnya. (mom)