DP3A Manado Gelar Rakortek Gugus Tugas KLA

Rakortek Gugus Tugas KLA Manado.

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melaksanakan kegiatan Rakortek Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA), bertempat di Villa Gravilla Malalayang Dua, Kota Manado, Kamis (18/3).

Pelaksanaan kegiatan Rakortek Gugus Tugas KLA dimaksudkan sebagai wadah strategi untuk menyatukan langkah, meningkatkan sinergitas semua pihak terkait, dalam upaya mewujudkan pengembangan Manado kota layak anak sebagai bentuk pembangunan kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka pemenuhan hak anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Mewakili Walikota Manado, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, mengatakan bahwa kota layak anak adalah bagian dari menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak secara maksimal dan benar. Sehingga kelak anak-anak akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan aktif beradaptasi.

“Membangun negara akan lebih efektif bila dimulai dari anak-anak daripada orang dewasa. Karena sifat anak yang belum terkontaminasi nilai-nilai baru. Dlihat dari sisi waktu, anak masih memiliki peluang untuk membangun masa depan lebih lama atau lebih panjang dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan kota layak anak dalam rangka mendukung perlindungan dan tumbuh kembang anak,” ujar Sekda.

Kota layak anak merupakan sarana atau media persemaian bibit cikal cikal bakal atau embrio sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas,” terang Sekda.

Tambahnya, dengan terwujudnya kota layak anak akan memberikan kontribusi terwujudnya provinsi layak anak, Indonesia layak anak, dan selanjutnya menjadi dunia layak anak.

“Saya harapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara seksama dan kiranya kegiatan ini dapat berjalan secara optimal dan tepat sasaran. Berikan perhatian serius, mengingat betapa penting dan strategisnya isu yang diangkat dalam kegiatan ini. Mari bersama kita tingkatkan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan peran kita serta tanggung jawab masing-masing untuk menampilkan lingkungan perkotaan yang layak anak, menyenangkan, agar setiap orang dapat mewujudkan potensi dan impiannya,” cetusnya.

“Mari bersama-sama pula kita wujudkan harapan bahwa anak-anak di kota Manado yang diciptakan tidak hanya pandai dan berakhlak, tapi juga berani untuk mengeluarkan pendapat, sehat dalam tumbuh kembangnya, serta menikmati masa kanak-kanaknya dengan ceria, karena hak-haknya dilindungi,” tutur Sekda.

Turut hadir, peserta dari seluruh perwakilan Perangkat Daerah, dan seluruh utusan kecamatan se-kota Manado, para narasumber, Drs.Boas Wilar, dari P2TP2A, Kepala Bapelitbang Kota Manado Liny Tambajong,” dan Kadis PP/PA, Esther Mamangkey. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020