Kajari Sangihe Sikapi Permintaan Keluarga, Terkait Penangguhan Penahanan PETI

Kajari Kabupaten Kepulauan Sangihe Yunardi SH Mh.

Tahuna- 21 warga yang saat ini  di tahan oleh pihak Kepolisian Polres Kabupaten Sangihe lantaran melakukan aktifitas penambangan di kampung Bowone Kecamatan Tabukan Selatan (Tabsel) tanpa ijin, meminta untuk dilakukan penangguhan.

Kepada media ini sejumlah warga yang tak lain merupakan kerabat dekat ataupun keluarga 21 tahanan yang di tahan Polres Sangihe, meminta aparat hukum sekiranya mempertimbangkan proses hukum yang sudah dijalani keluarga mereka.

“Kami masyarakat kecil yang hanya mencari sesuap nasi lewat aktifitas tambang. Baik di tanah milik kami sendiri maupun menjadi pekerja pada pemilik lahan dan itu untuk menyambung hidup kami ditengah kesulitan yang ada sekarang ini. Sehingga kami sangat berharap ada belas kasih dari para petinggi penegak hukum di Sangihe,”  ujar sejumlah warga.

Apalagi sebelumnya, penangguhan juga sempat digaungkan oleh pimpinan di Daerah ini, namun sampai saat ini tidak ada kejelasannya.

“Kenapa kami masyarakat kecil justru dipandang sebelah mata oleh pemerintah. Apakah kami harus menjadi korban dari rasa ketidakadilan ini? Kami hanya meminta Pemkab Sangihe dan Bupati mau melihat kami. Jangan kami hanya dibutuhkan ketika ada maunya, selepas dari itu kami dibiarkan bagaikan anak ayam ditinggal induknya”, ujar warga.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sangihe, Yunardi SH Mh ketika ditemui media ini menyatakan bahwa sesungguhnya proses hukum terhadap 21 penambang tersebut terus berproses.

“Jadi proses hukum terhadap 21 orang penambang ini terus berjalan sesuai hukum yang berlaku yang kini ditangani penyidik Polres Sangihe,” katanya.

Disinggung soal apakah proses penangguhan dimungkinan dalam kasus ini,Yunardi menjelaskan hal itu bisa terjadi bila pihak penyidik Kepolisian mau mengabulkannya.

“Artinya akan saya pertimbangkan dan saya akan minta pimpinan tinggi untuk tidak dilakukan penahanan kepada 21 orang ini Asal tim penyidik memang ditangguhkan. Tapi kalau penyidik tidak ditangguhkan, saya pastikan akan diteruskan penahanan ini,” tegas Yunardi. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020