Ketat, Pria Tak Capai 170-180 Cm dan Wanita 165-175 Langsung Gugur Jadi Paskibraka Manado 2020

MANADO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado melakukan seleksi ketat siswa siswa calon pasukan pengibar bendera merah putih (Paskibra) Kota Manado tahun 2020 yang akan bertugas di HUT Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus nanti.

Pasalnya, Selasa (25/2/2020) siswa siswa SMU sederajat se Kota Manado yang mendaftar nyaris tembus 200. Sementara target calon anggota Paskibraka untuk mengikuti proses tahapan selanjutnya hanya 60 peserta.

“Intinya untuk seleksi tahap awal ini, selain seleksi berkas, dilakukan pengukuran tinggi badan,” kata Kabid Kepemudaan Dispora Manado, Victor Sinjal. Untuk pria tinggi badan harus 170 sampai 180 cm, sedangkan wanita 165 sampai 175 cm.

“Ini aturan baku menjadi calon Paskibra sebelum seleksi ke tahap fisik berikutnya. Yang tidak capai tinggi badan sesuai aturan, otomatis langsung gugur di tahap seleksi berkas ini,” tegas Sinjal.

Proses pengukuran tinggi badan calon peserta Paskibraka Manado tahun 2020 di kantor Dispora Manado.

Selanjutnya orang tua peserta lolos seleksi berkas dan pengukuran tinggi badan akan diundang untuk persiapan tahapan masuk ‘Desa Bahagia’. “Disini para Calon Paskibra akan dikocing mental dan fisik mereka. Kami mengundang para orang tua untuk kesiapan anak mereka. Itu tanggal 28 Februari nanti,” jelas Sinjal.

Untuk tanggal 3 Maret akan dilakukan tes kesemaptaan dan psikotes tanggal 4 maret. “Tes seleksi selanjutnya akan berlangsung di kompleks perkantoran LPMP Pineleng. Karena lapangan stadion Klabat ada kegiatan sepak bola,” tandas Sinjal. (ant)