KPU Kota Manado Akan Gelar Bimtek KPPS Bergelombang

Komisioner KPU Kota Manado, Sunday Rompas. (Foto:manadoline)

Manadoline, Manado — KPU Kota Manado akan melakukkan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan dimulai Sabtu, 7 November 2020.

“Nanti untuk Bimtek KPPS akan dibagi menjadi 5 gelombang, dan mereka akan memulainya tanggal 7 November 2020, karena sekarang masih dalam pemeriksaan kesehatan,” ujar Rompas kepada wartawan, di Kantor KPU Manado, Kamis (05/11/2020).

Lebih lanjut, Rompas menjelaskan secara tugas pokok dan fungsi bidangnya, ada hal-hal teknis yang akan menjadi materi dalam pelaksanaan Bimtek kepada KPPS nanti.

“Bimtek nanti kami akan mempertajam mana materi yang bisa saja jadi sengketa yang harus diwaspadai oleh KPPS, dan itu masuk dalam 7 Tupoksi KPPS, juga bagaimana nantinya disaat hari pelaksanaan mereka juga menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ditekankannya, beberapa fungsi lain dari KPPS yang terutama jelang pelaksanaan Pilkada, 9 Desember 2020, seperti pendistribusian surat pembertahuan dan pembuatan TPS.

“Jadi dasar dari Bimtek nanti hanya kebutuhan mereka disaat itu, kami juga akan membimbing mereka untuk memahani data pemilih. Karena C-Hasil itu dari data pemilih sampai hasil,” singkatnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020