Paat : RPJMD Gubernur 2021-2026 yang Dibuat Bapeda Sangat Paripurna

MANADO-Panitia Khusus (Pansus) yang membahas RPJMD Gubernur 2021-2026 bersama dengan SKPD sudah selesai melakukan kunjungan lapangan. Dan, Kamis (27/5/2021) telah dilaksanakan pembahasan finalisasi.

Kepada wartawan, Ketua Pansus Vonny Paat dari Fraksi PDI Perjuangan menjelaskan,
dalam kaitan tugas dan kewenangan Pansus yaitu mengawal Visi Misi yang tertuang pada rancangan awal (Ranwal) yang dijabarkan dalam RPJMD.

Dijelaskan Paat, sebagaimana tahapan dan mekanisme, diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi dan DPRD, setelah itu Pansus bersama Bappeda akan melaksanakan konsultasi ke Kemendegri kemudian akan dilaksanakan pembahasan lanjutan dan dibahas lewat musrembang untuk selanjutnya masuk Uji Publik ke Masyarakat lalu diajukan ke DPRD uuntuk dibahas dan kemudian ditetapkan menjadi Perda.

“Untuk sekarang ini Pansus baru membahas secara global dalam rangka bagaimana mensingkronkan visi-misi gubernur yang dituangkan dalam rancangan awal RPJMD 2021-2026,”jelas Paat.

Ketua Komisi I DPRD Sulut ini menjelaskan juga dalam Ranwal RPJMD terdapat 5 Misi utama yang dijabarkan dalam Program strategi pemerintah daerah, arah kebijakan umum, Pengembangan wilayah yang meliputi Kabupaten Bolaang Mongondow, Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kota Manado dan Daerah Kepulauan Nusa Utara.

” RPJMD yang dibuat oleh Bapeda sudah sangat paripurna karena menjabarkan Visi Misi Pemerintah Sulut, tinggal bagaimana Pansus mengawalnya agar apa yang telah dituangkan dapat terwujud,” ucap Paat. Sambil mengakui, Jumat (25/5/2021)
akan dilaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka penandatanganan Nota Kesepahaman antara DPRD dan Pemerintah Provinsi Sulut. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020