Pemdes Rumoong Atas Dua,Sarana Olaraga Perlu Pemeliharaan

Tareran!MANADOLINE.COM-Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Desa Rumoong Atas Dua Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan kembali dilaksanakan pada Rabu,1/6/2022,dan untuk pengerjaan pemeliharaan sarana olahraga terpusat di Lapangan Maesa Rumoong Atas Dua.

Pengerjaan pembersihan lapangan dengan melibatkan tenaga kerja sekitaran 15 orang baik pemerintah maupun masyarakat desa setempat, dan selanjutnya  diagendakan pembersihan secara rutin selama satu tahun kedepan, dengan anggaran Dana Desa program PKTD tahun 2022.

Pjb.Hukum Tua Desa Rumoong Atas Dua,melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Ronal Waroka menjelaskan,Di era pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang kesulitan mata pencaharian. Jadi sesuai arahan Kementerian Desa,  PKTD ini harus dilakukan.

Seperti saat ini,masyarakat  diberdayakan untuk mengerjakan normalisasi Sarana Olaraga.  Kita tidak membatasi,  yang mau kerja silahkan. Kebanyakan mereka pekerja buruh yang terdampak,  dan kegiatan padat karya ini memanfaatkan sumberdaya tenaga lokal yang ada dengan tujuan untuk menambah pendapatan warga.jelas Waroka.

Prioritas Dana Desa 2022 berdasarkan Permendesa PDTT 13 tahun 2020 salah satunya adalah Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Padat Karya Tunai (Cash for work) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan tehnologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan.

Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Waroka juga menambahkan,kegiatan Padat Karya Tunai (PKTD) ini,adalah kelanjutan dari Tahun sebelumnya,seperti Tahun 2021 lalu untuk pemeliharaan sarana olaraga ini sudah kami lakukan,dan di tahun ini 2022 sudah yang ketiga (3) kalinya kami lakukan Pemeliharaan Sarana Olaraga ini,tutup Waroka***(JP)