Pernyataan Tegas Kajari Sangihe Dalam Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Kajari Sangihe Yunardi SH MH.

Manadoline.com, Tahuna- Kajari Kabupaten Kepulauan Sangihe Yunardi memberikan pernyataan tegas kepada para pemberi kerja, atau pelaku badan usaha terkait dengan hak-hak tenaga kerja. Penyataan ini disampaikannya saat memberikan memberikan materi, dalam pelaksanaan sosialisasi Forum Kepatuhan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan Bagi Badan Usaha Se-Kabupaten Sangihe, Rabu (02/06/2021) di Papanuhung Santiago Tampungan Lawo.


Dikatakannya, bahwa kehadiran Kejaksaan dalam forum kepatuhan ini berdasakan MoU antara Kementrian Tenaga Kerja dengan Kejaksaan Agung dan semua Kejaksaan Negeri di Indonesia. Serta menyebutkan setiap pemberi kerja atau pelaku badan usaha, wajib memenuhi setiap hak tenaga kerja sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. 


“Sangat jelas semua kewajiban pemberi kerja/pelaku badan usaha diatur dalam UU tenaga kerja nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. UU tersebut jelas mengatur kewajiban penyedia kerja, pelaku badan usaha untuk dijalankan. Baik itu penyediaan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan hingga hak-hak ketenagakerjaan lainnya,” jelasnya. 


Menyinggung sangsi terkait penyedia kerja/pelaku badan usaha lanjutnya, yang tidak mematuhi setiap hak tenaga kerja, akan ada sangsi tegas berupa blacklist perusahaan jika melakukan pelanggaran. 


“Sangsi yang diberikan bagi penyedia kerja/pelaku badan usaha yang tidak memenuhi hal-hak tenaga kerja adalah blacklist perusahaan. Saya apresiasi atas banyaknya kehadiran penyedia kerja, pelaku badan usaha dalam sosialisasi hari ini,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020