Prestasi PDAM Duasudara Bitung Terus Dilirik

BITUNG – Prestasi PDAM Duasudara Kota Bitung terus mendapat perhatian dari perusahaan pengelolaan air dari sejumlah dari daerah. Hal itu dibuktikan dengan adanya kunjungan studi banding atau studi tiru ke PDAM Duasudara Bitung dalam beberapa hari terakhir.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Sangihe, Michael Thungari mengaku kunjungan studi banding ke PDAM Duasudara Bitung ini, karena dinilai PDAM Duasudara Bitung adalah PDAM terbaik dan berhasil di Sulawesi Utara. Jika dibandingkan dengan PDAM Sangihe masih sangat jauh. “Sehingga kami sengaja datang ke Bitung untuk belajar di PDAM Duasudara Bitung, bagaimana sistim managemen dan pengelolaan air bersih,” ungkap Michael Thungari.

Setelah mendengar dan melihat sistim yang ada, Michael Thungari mengaku bahwa sistim managemen dan pengelolaan air bersih oleh PDAM Duasudara Bitung sangat baik dan patut mendapat apresiasi. “Dari segi managemen, pengelolaan dan perencanaan kedepan, PDAM Duasudara Bitung sangat baik, sehingga ini yang akan kita pelajari untuk dikembangkan di PDAM Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kata Thungari.

Dikatakan pula, ada beberapa masukan yang kami terima yaitu perlu adanya koordinasi antara Pemerintah Kabupaten, DPRD dan PDAM agar perusahaan tersebut bisa dikatakan sehat. “Kami akan melakukan koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten dan PDAM untuk bagaimana menyusun master plan sehingga PDAM Kabupaten Kepulauan Sangihe bisa mendapat dana bantuan seperti yang diperoleh PDAM Duasudara Bitung untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten Kepulauan Sangihe Novilius Tampi mengaku sangat mengapresiasi terhadap kinerja PDAM Duasudara Bitung dibawah pimpinan Raymond Luntungan, ST, M.Si. “Kami akui masih harus banyak belajar lagi dari PDAM Duasudara Bitung,” kata Novilius Tampi.

Ditambahkan pula, untuk tahap awal, PDAM Kabupaten Kepulauan Sangihe telah bekerjasama dengan PDAM Duasudara Bitung terkait pengembangan IT. “Mudah-mudahan kedepan mengenai IT, kita sudah bisa terapkan seperti di PDAM Duasudara Bitung,” tandasnya.

Sebelumnya, PDAM Duasudara Bitung juga menerima kunjungan studi banding dari Stuban PDAM Tomohon pada 01 Februari 2021, kemudian kunjungan Pimpinan dan Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Utara pada 27 Januari 2021 lalu, dan kunjungan dari DPRD Kabupaten Gorontalo bersama PDAM Kabupaten Gorontalo pada 08 Februari 2021 juga dalam rangka studi banding.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020