Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sangihe Menyambut HUT Daerah Ke-597

Manadoline.com,Tahuna- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Kepulauan Sangihe, menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-597 Daerah Kepulauan Sangihe dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe,  Josephus Kakondo BAE didampingi Wakil Ketua I Ferdy Sondakh dan Wakil Ketua II Michael Thungari memimpin jalannya Rapat paripurna. Yang dihadiri Bupati Kabupaten Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME.

Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Provinsi Sulut Jetty Pulu mewakili Gubernur Sulut, unsur Forkopimda, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sangihe Melanchton Harry Wolff, Sejumlah Anggota DPRD, pimpinan OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan.
Ketua DPRD dalam sambutanya mengatakan, rapat paripurna kali ini sangat istimewa, karena dilaksanakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tetap memperhatikan protokol kesehatan. 


Dikatakannya, HUT ke-597 Daerah Kepulauan Sangihe merupakan momentum peringatan kabupaten kepulauan Sangihe, ataupun kawasan Nusantara yang telah memiliki pemerintahan selama 597 tahun.


“Dengan  tema Permohonan kepada sang khalik untuk menjaga alam semesta dalam berkat dan rahmatnya, dengan sub tema melalui HUT Daerah kepulauan Dangihe ke 597 dan upacara tutlude tahun 2022, kita mengucap syukur dan berterimakasih dalam rahmatnya serta memohon dari peluputan pandrmi covid-19,” katanya. 


“Memaknai Tema dan Sub Tema perayaan HUT Daerah kepulauan Sangihe yang ke 597, maka pada kesempatan ini kita sekalian baik pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Nusa Utara, kembali diingatkan untuk kembali meningkatkan  kualitas hidup bersih dan menjalankan anjuran pemerintah guna memutuskan mata rantai covid -19 demi menyelamatkan rakyat Indonesia, termasuk di Daerah ini dalam gugusan Nusautara yang sama – sama kita cintai dan banggakan.”sambung Kakondo. 


Dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat selalu mamatuhi protokol kesehatan, Memakai masker, menjaga jarak sekaligus menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas sendiri serta secara sadar mengikuti program Vaksinasi  guna meningkatkan kekebalan tubuh atas penyebaran virus covid-19. Sehingga didalam peryaan HUT Daerah dibawah kepemimpinan Bupati kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE,ME menuju Sangihe yang lebih sejahtera. 


Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan DPRD, anggota DPRD dan seluruh staff yang boleh menyelenggarakan rapat paripurna istimewa tersebut. 


“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut, Forkopimda dan seluruh pihak serta masyarakat yang membantu mewujudkan Kabupaten Sangihe sebagai gerbang maritim Indonesia yang maju sejahtera dan mandiri.Dalam perjalanan panjang Daerah Sangihe boleh memasuki usia ke 597 tahun,” ujarnya.


Beberapa penghargaan diterima Kabupaten Sangihe di tahun 2021 diantaranya : 1-Penghargaan harmony award kepada         Pemerintah Daerah dan FKUB, 2-Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI, 3-Penghargaan muatan balik terbanyak kegiatan tol laut. 
4-Penghargaan atas perlindungan sosial, 5-Penghargaan terbaik ketiga sebagai Pemerintah Daerah pengelolah dana desa lingkup Sulut tahun 2021, 6-Penghargaan atas inisiatif dan dukungan penuh dalam perlindungan sosial ketenagakerjaan Non ASN.


7-Penghargaan dalam lomba PKK tingkat Provinsi sebagai terbaik pertama Kelurahan Tona Dua dalam lomba pola asuh anak dan remaja cinta kasih,terbaik kedua kelurahan Manente lomba Hatinya PKK,dan terbaik ketiga kampung Hesang dalam lomba perilaku hidup bersih dan sehat dan Penghargaan sebagai kepala daerah pelaksana program sekolah penggerak angkatan kedua Propinsi Sulut tahun 2021.


“Dalam momentum HUT 597 Daerah dan Upacara Adat Tulude 31 Januari 2022 ini, patutlah mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memohon untuk meluputkan dari pandemi covid-19,” ujar Gaghana.


Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Sulut Jetty Pulu menyampaikan, meski pelaksanaan HUT 597 Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid-19, namun tidak mengurangi antusiasme dan makna perayaan atas pertumbuhan dan perkembangan Daerah Kepulauan Sangihe yang terus bergerak maju dari waktu ke waktu hingga kini telah berusia 597 tahun.


”Saya sangat mengapresiasi hal itu dan atas nama Pemerintah Sulawesi Utara menyampaikan selamat merayakan hari ulang tahun yang ke 597 tahun kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe, DPRD, serta segenap komponen pembangunan dan seluruh lapisan masyarakat Kepulauan Sangihe,” ucap Pullu. (Adve/zul).