Sesuai Perkades No 5 Tahun 2021,82 KPM Terima BLT DD 3 Bulan;Desa Rumoong Atas Dua

MINSEL!Merujuk Instruksi
Presiden (Inpres) Nomor 104 di mana desa wajib mengalokasikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) minimal 40% dari pagu anggaran Dana Desa (DD), Penanganan Ketahanan Pangan 20%, Penanganan Covid-19 8% dan Reguler 32%.

Sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang penggunaan Dana Desa yang mengamanatkan 40 persen Dana Desa digunakan untuk BLT, maka Pemerintah Desa Rumoong Atas Dua pada Tahun 2022 mengalokasikan 82 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ).

KPM nantinya akan menerima uang sejumlah Rp.300.000,- setiap bulannya selama 12 bulan atau 1 Tahun.

KPM menerima rapel 3 bulan sekaligus yakni bulan Januari, Februari, dan Maret yang berjumlah Rp.900.000,-. Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Rumoong Atas Dua dilaksanakan pada hari Rabu,6/04/2022 bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) setempat.

Dalam sambutannya Kepala Desa Readheart Maun,SE menyampaikan, bahwa BLT Dana Desa diharapkan mampu membantu keluarga yang terdampak Covid-19, uang yang diperoleh nantinya bisa dibelanjakan untuk kebutuhan membeli sembako dan kebutuhan keluarga.

“Adanya BLT Dana Desa tentu saja akan berdampak pada pembangunan di Desa, karena Dana Desa yang sedianya dialokasikan untuk Pembangunan di Desa digunakan atau dialihkan untuk BLT.

Kami Pemerintah Desa meminta kepada masyarakat untuk bisa memaklumi apabila ada pembangunan yang tertunda.”

Kepala Desa (Kades) Rumoong Atas Dua, Kecamatan Tareran, Readheart Maun,SE, menambahkan, penetapan KPM BLT dana desa dilakukan sesuai hasil musyawarah desa (musdes) yang melibatkan berbagai unsur dan sudah ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa (Perkades) No 05 Tahun 2021

Dalam musdes tersebut menetapkan calon KPM yang akan menerima dana BLT dana desa. Mereka yang terdaftar tentunya warga di luar penerima bantuan sosial lain.

“Kami koordinasi dengan BPD [Badan Permusyawaratan Desa, kepala jaga (Pala) untuk memastikan data KPM. Kami tidak akan mendata warga sebagai penerima BLT jika sudah terdaftar di program lain,” kata dia.

Di wilayahnya, ada sebanyak 82 KPM menerima dana BLT dana desa. BLT tersebut telah seluruhnya disalurkan pada hari ini selama Tiga (3) bulan.

Penyaluran BLT DD ini dihadiri Camat Tareran Hizkia Kondoj,S.Sos,Kepala Desa Readheart Maun,SE,Pendamping Desa,PDP,PDTI,PLD seluruh Perangkat Desa dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT.***(JP)