Support Penerapan ETLE, Walikota GSVL Terima Penghargaan Dari Kapolda Sulut

Walikota Vicky Lumentut saat menerima penghargaan dari Kapolda Sulawesi Utara.

MANADO – Kepolisian Republik Indonesia secara serentak menggelar launching ETLE secara nasional yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigid Prabowo secara virtual.

Untuk Polda Sulut kegiatan launching ETLE dilaksanakan di Aula Catur Prasetya Polda Sulut, Selasa (23/3/21). Dimana, dalam kesempatan itu, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana memberikan penghargaan kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut atas dukungan pembangunan sarana dan prasarana guna penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Vicky Lumentut saat menerima penghargaan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Jajaran Polri khususnya Polda Sulut yang telah membawa Kota Manado masuk dalam jajaran 12 daerah yang menerapkan ETLE.

“Kebanggan bagi pemerintah dan masyarakat karena selain nama Kota Manado terangkat ke nasional, kita juga terbantukan dalam rangka membuat Manado makin lama makin tertib khususnya dalam berlalu lintas yang diharapkan dapat menekan angka kecelakaan,” tutur Lumentu.

Tambahnya, ETLE ini juga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak-pajak yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

“Dampaknya pasti besar karena salah satu sumber pendapat yang presentasinya cukup besar ada di pajar kendaraan bermotor,” sambung Lumentut.

Vicky Lumentut mengatakan bahwa Pemkot Manado akan terus mendukung penerapan ETLE ini mulai dari penyiapan server di Cerdas Command Center (C3), aplikasi pendukung serta infrastruktur lainnya.

“Saya juga telah sampaikan ke Dinas Komunikasi dan Informatika, C3 harus terus berkolaborasi dengan Dirlantas demi peningkatan ETLE ke depan lebih baik lagi. Dan untuk masyarakat Manado untuk tertib mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan diri dan keluarga,” tutur Lumentut. (swb).