Taufik Sebut Pemberian Sesuatu Disertai Stiker adalah Politik Uang

Pimpinan Bawaslu Kota Manado, Taufik Bilfaqih. (Foto:manadoline)

Manadoline, Manado — Pimpinan Bawaslu Kota Manado, Taufik Bilfaqih meminta seluruh bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, beretika politik dalam melakukan kegiatan terkait dengan proses pencalonan dalam Pilkada tahun 2020, terutama ketika melakukan kegiatan bagi-bagi sesuatu kepada masyarakat.

Menurutnya, jika ada bakal pasangan sudah melakukan aktivitas bagi-bagi sesuatu disertai dengan stiker kepada masyarakat di daerah itu sudah masuk pada kategori politik uang.

“Jika memang ada bakal pasangan calon yang sudah naik turun rumah, mendatangi masyarakat kemudian memberikan pemberian dengan embel-embel stiker itu sudah adalah politik uang,” kata Taufik Bilfaqih kepada wartawan di Manado.

Taufik menuturkan, aktivitas tersebut jika dipandang dari sisi etika politik itu sangat tidak pantas dan tidak baik, karena jelas itu sudah politik uang. Karenanya, Bawaslu mengingatkan para bakal pasangan calon memperhatikan etika tersebut.

Lanjutnya, jika sudah ditetapkan sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado pada tanggal 23 September 2020, aktivitas mereka sudah masuk pada kategori bertentangan dan berimplikasi pada aturan.

“Jika kami temukan, maka akan kami tangkap. Harus diingat setelah ada penetapan segala sesuatu telah diatur dengan regulasi yang ada,” tutupnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020