Terkait Pinjaman Dana PEN, Legislator Dua Komisi Turun ke Pasar Bersehati

MANADO – Para legislator Manado yang tergabung dalam dua komisi, yakni komisi 3 dan 4 turun lapangan ke Pasar Bersehati yang terletak di kelurahan Calaca, Senin (31/01/2022). Rombongan wakil rakyat yang dipimpin ketua komisi 3, Ronny Makawata ingin mengawasi dan melihat langsung rencana revitalisasi pasar karena menggunakan anggaran pinjaman PEN dari pemerintah pusat.

Anggota Komisi 3  Bidang Pembangunan dan Infrastruktur yang turun lapangan masing-masing Mona Kloer, Jean Sumilat, Frederik Tangkau, Lucky Datau, Royke Anter, Lily Binti, Jurani Rurubua. Sedangkan komisi 4 bagian Kesra, Nur Amalia dan Rosalita Manday.

Ada pun tujuan dari komisi 3 DPRD Manado, yaitu dampat positifnya ialah program revitalisasi pasar rakyat merupakan pelaksanaan dari Undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, pasal 13 ayat (1), (2) dan (3)

“Yang mengamanatkan bahwa Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melakukan pembangunan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat

Guna peningkatkan daya saing dalam bentuk pembangunan dan/ atau revitalisasi pasar rakyat; implementasi manajemen pengelolaan yang profesional; fasilitasi akses penyediaan barang dengan mutu yang baik dan harga yang bersaing; dan fasilitasi akses pembiayaan kepada pedagang pasar di pasar rakyat,” tutur Ketua Komisi 3 Ronni Makawata.

“Jadi program revitalisasi dilaksanakan langsung oleh Perusahaan Daerah PD Pasar Kota Manado,  dalam rangka meningkatkan daya saing pasar tradisional di seluruh wilayah Indonesia.

Sekaligus meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah,” ungkap personil dari Fraksi PDIP Ronni Makawata. [lipsus/anr]