Terpilih Aklamasi, Aswin Lumintang Pimpin IWO Manado

MANADO-Jumat (5/7/2024) Ikatan Wartawan Online (IWO) menggelar Musyawarah Bersama Daerah (Munbesda) guna memilih kepengurusan IWO Kota Manado yang diadakan di Aula PDAM Wanua Wenang Manado.


Mubesda dipimpim langsung Ketua Wilayah IWO Provinsi Sulut, Jeane Rondonuwu didampingi Ferry Londok dan Feiny Sambuaga selaku pemegang mandat, dan Yanes Pongoh berhasil memimpin seluruh tahapan Mubesda, dan berlangsung Sukses.

Mubesda ini secara aklamasi mempercayakan Ketua Daerah IWO Kota Manado, Kepada Wartawan berpengalaman, Aswin Lumintang.


Menariknya, hanya dalam 15 menit tim formatur yang dipimpin Aswin, sukses membentuk Kepengurusan IWO Kota Manado yang baru. Di antaranya Raymond Legi selaku Wakil Ketua, Ferry Londok; Sekretaris, Yanes Pongoh; Wakil Sekretaris dan Deasy Holung selaku bendahara serta Wakil Bendahara Friska Tewuh.


Beberapa nama lain yang masuk dalam kepengurusan yakni David Kusuma, Andrew Pattymahu, Martino Limpong, Rahman Kasim, Mekar Salindeho, dan beberapa wartawan lainnya.

Pada kesempatan itu, Rondonuwu menyentil beberapa hal yang menjadi tantangan IWO Pusat maupun Wilayah dan Daerah, termasuk di Kota Manado. Namun, dia memastikan semua tahapan hingga Mubesda sudah diadakan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Iwo.

.” Saya mengingatkan pengurus terpilih agar mampu menempatkan diri secara baik sebagai seorang jurnalis, kita harus mampu tampil sebagai organisasi pers. Meski kita mungkin punya banyak jaringan,”tandas wartawan senior ini.


Sementara itu, Aswin usai terpilih dan diberi kesempatan menyampaikan visi misi menyatakan kesiapannya untuk memimpin IWO Kota Manado menjadi lebih baik.

”Yang terpenting organisasi profesi ini (IWO Manado) harus memberikan manfaat bagi pengurus dan anggota. Kemudian membela jika ada anggota yang mendapat masalah dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, ” ujarnya.


Dia juga menegaskan akan melakukan pelatihan jurnalistik, untuk meningkatkan sumber daya wartawan di IWO.Termasuk akan mengupayakan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), bagi pengurus dan anggota wadah ini.Pengurus terpilih ini akan dilantik oleh IWO pusat yang direncanakan pada akhir bulan Juli ini.


Kegiatan ini diawali dengan doa oleh Deasy Holung, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IWO, kemudian laporan Ferry Londok selaku pemegang mandat, arahan Jeane Rondonuwu selaku Pengurus Wilayah IWO Sulut, mengakhiri acara ditutup dengan doa oleh Martino Limpong. (mom)