TNI AL Bantu Upaya Pemerintah Tekan Penyebaran Covid-19 Lewat Vaksinasi

MANADO!09/02/2022-Pemerintah terus berupaya menekan kasus penyebaran Covid-19 dengan program vaksinasi nasional di tanah air, terlebih dengan adanya varian baru jenis Omricon. Oleh karena itu TNI AL dan seluruh pangkalan jajarannya terus membantu pemerintah menggelar vaksinasi Covid-19 untuk melindungi masyarakat.

Tidak ketinggalan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII sebagai salah satu jajaran di TNI AL yang terus menggelar serbuan vaksinasi tanpa henti bersama Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di bawah jajarannya. Serbuan vaksinasi maritim tersebut dilaksanakan di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerjanya.

Pelaksanaan vaksinasi Lantamal VIII dan jajarannya tidak hanya dilakukan di dalam pangkalan tetapi juga digelar di tempat-tempat umum seperti yang dilaksanakan Lanal Gorontalo pada hari ini menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 di SD Negeri 99 Kecamatan Kota Utara, Gorontalo, dan berhasil memberikan vaksin dosis pertama kepada 72 siswa menggunakan vaksin Sinovac.

Selanjutnya vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Kesehatan Dinas Kesehatan Lantamal VIII tercatat 20 tervaksin dengan rincian lima orang menerima dosis pertama dan 15 orang dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Moderna. Sementara itu di Balai Kesehatan Lanal Tahuna telah tervaksin sepuluh orang tiga diantaranya menerima dosis kedua dan tujuh dosis ketiga menggunakan Sinovac, Astrazeneca dan Moderna. Begitu juga di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung telah tervaksin lima orang, terdiri dari empat orang dosis kedua dan satu orang dosis ketiga menggunakan Aztrazeneca.

Sampai dengan selesai vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Paska Imunisasi, dan setiap proses vaksinasi selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Komandan Lantamal VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., saat dimintai keterangan terkait vaksinasi mengatakan bahwa vaksinasi yang dilaksanakan Lantamal VIII dan jajarannya merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus membantu pemerintah daerah dalam program vaksinasi.

Disamping itu, vaksinasi yang digelar tidak hanya berada pangkalan saja tetapi juga di tempat-tempat umum dan tentunya setiap pelaksanaan vaksinasi Lantamal VIII dan jajarannya selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, ujar Danlantamal VIII.***(JP)