Tuntas Tugas Pansus LKPJ, RW Sampaikan Catatan Penting ke ODSK

MANADO-Ketua Pansus LKPJ Gubernur 2020, Rocky Wowor telah membacakan catatan dari hasil pembahasan dan peninjauan lapangan dalam Rapat Paripurna, Selasa (11/5/2021).

Rocky Wowor

Wowor membacakan sebanyak lebih dari 100 catatan atas kinerja Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK).

Dalam catatan Pansus menilai, refocusing anggaran sudah tepat. Tapi perekonomian Sulut tetap bergairah. “Khususnya di sektor pertanian, perikanan, hingga UMKM. Pun Pemprov membangun fasilitas kesehatan,” ucap Wowor.

Sedangkan di bidang Pariwisata, Wowor menyatakan, pansus mendorong percepatan rencana induk pengembangan pariwisata. Pansus juga mengingatkan pemerintah untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. “Karena PAD terbesar ada di pajak kendaraan,” tutur Wowor, sambil mengakui pelayanan membayar pajak harus dimaksimalkan. Disamping memaksimalkan potensi PAD lain.

Untuk bidang pendidikan, Pansus meminta pembangunan sekolah di sejumlah daerah. Terutama di daerah kepulauan. “Misalnya di Bunaken darat butuh SMA dan SMP,” tegas Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini.

Untuk Nusa Utara, Pansus mengingatkan ada sekolah pariwisata yang diusulkan diambil alih pemprov untuk memaksimalkan kualitas pendidikan. Pansus mengingatkan rekrutmen kepala sekolah yang harus lebih ketat. Begitu juga mata pelajaran muatan lokal. Mulai dari bidang pertanian hingga bahasa daerah diusulkan pansus masuk dalam metode pembelajaran.

Sementara bidang kesehatan, pansus mendorong pemerintah untuk memaksimalkan sejumlah RSUD milik pemprov.

“Kami berharap ada penambahan anggaran untuk obat-obatan termasuk fasilitas pendukung di rumah sakit. Tenaga medis juga wajib ditambah,” kata Wowor.

Puskesmas di Nusa Utara juga butuh perhatian. “Masyarakat merindukan Puskesmas plus untuk ruang rawat inap,” ujarnya.

Untuk infrastruktur, Pansus berharap jalan lingkar di wilayah Nusa Utara. Kemudian program kewirausahaan pemuda diusulkan berkesinambungan.

Berbagai masukan pansus ini disambut oleh Gubernur Olly Dondokambey.

“Semua perangkat daerah wajib catat masukan, saran, serta usulan dari pansus. Harus secepatnya ditindaklanjuti,” kata Dondokambey dalam sambutannya.

“Kami memberikan apresiasi pada pansus yang sudah bekerja keras, hingga turun ke masyarakat untuk membahas LKPJ Gubernur tahun 2020. Harapan kami kerja sama ini terus terwujud, untuk Sulut lebih hebat,” tutur Dondokambey.(mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020