Upacara HUT Sulut ke-54, OD Lirik Program ODSK Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

MANADO– Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) mengatakan momen Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-54 beberapa aspek meraih keberhasilan salah satunya program Operasi Dasar Selesaikan Kemiskinan (ODSK) bisa meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018.

(Momen HUT Provinsi dirangmkaikan pemberian kenaikan pangkat ASN lingkup Pemprov, foto:kand/ML)

Hal tersebut dikatakan Gubernur Olly juga sebagai Inspektur Upacara HUT Provinsi ke-54 di lapangan KONI Sario Manado, Senin (24/9/2018) pagi tadi.

Dihadiri Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartikan Devi Kandouw Tanos, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen bersama Ibu Silangen Lombok, pimpinan DPRD Sulut, Bupati Kab/Kota, pejabat eselon II, pemuka agama, tokoh-tokoh masyarakat, pejabat sipil TNI dan Polri, ASN Pemprov, dan tamu undangan lainnya dengan menggunakan pakaian adat semakin menambah kental budaya daerah Nyiur Melambai.

Dirangkaikan dengan penyerahan SK kenaikan pangkat ASN Lingkup Pemprov.”Banyak yang bisa kita raih, misalnya ODSK masuk top 99 inovasi 2018. Ini satu hal menjadi tolak ukur bagi kinerja para ASN. Kalau kita bekerja bersama-sama kita dapat hasil dan dengan tekat komitmen bahwa Sulut bekerja mendapat prestasi hebat,”ungkap OD.

Sembari menambahkan persatuan akan dapat hasil maksimal. Peran Bupati/Walikota dan stakeholders terkait hingga Desa, Kelurahan sampai pada Provinsi.

Diketahui, Program ODSK mendapatkan penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018 diberikan oleh Kemenetrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Melalui kerja keras Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam membangun Sulut kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Penghargaan diberikan langsung Menpan RB Syafruddin dan diterima oleh Asisten Administrasi Umum Praseno Hadi, di hotel Shangrila Surabaya, Rabu (19/9/2018) lalu.

Dalam sambutan arahan Menpan RB mengatakan Pemerintah mendorong inovasi-inovasi bersifat lokal dan internasional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional diangkat dan dijadikan program nasional.

Selain itu, pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerah harus diteruskan untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik di tanah air.

Dari Top 99 inovasi 2018, banyak juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam berusaha, sejalan dengan upaya mempercepat pembangunan nasional.

Kuatnya pilar perekonomian daerah bertumpu pada dua hal, yaitu masuknya investasi ke Indonesia dan iklim perekonomian yang sehat. Keduanya bertopang pada penyelenggaraan kemudahan investasi dan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB).

Program ODSK berhasil mendapat penghargaan dari pemerintah pusat karena Pemprov Sulut dianggap berhasil melakukan inovasi publik dengan melaksanakan program pengentasan kemiskinan, dalam kurun waktu 2 tahun angka kemiskinan Sulut berhasil turun dimana pada tahun 2016 berada di angka 8, 34 dan pada tahun 2018 7,8 persen.

(srikandi)

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020