Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Kunjungan Kerja di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat tiba di Bandara Naha.

Manadoline.com, Tahuna- Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono bersama Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya beserta rombongan para perwira TNI Angkatan Laut Jumat (16/04/2021) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe. 


Wakasal beserta rombongan tiba di Bandara Naha pukul 06.30 Wita disambut Bupati Jabes Ezar Gaghana Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr Hanla beserta jajaran Forkopimda dan dilanjutkan dengan penyambutan secara adat Sangihe serta pertunjukan musik bambu. 

Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono beserta rombongan para perwira TNI Angkatan Laut, Bupati dan Forkopimda Sangihe.


Tak menunggu lama, Wakasal beserta rombongan yakni Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M (Asrena Kasal). Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M (Aslog Kasal).Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) (Aspers Kasal). Laksma TNI Agus Santoso, S.E (Kadisfslanal). Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya, S.H., M.Si (Dan Guskamla Koarmada II). Kolonel Laut (T) Ahmad Syahur, S.E.M.N Tr Hanla (AsLog Lantamal VIII) Kolonel Laut (P) Pantun Ujung M.Tr. Hanla (Asop Lantamal VIII) Kolonel Laut (P) Setyo Widodo, S.E., M.Si  (Kasubdispamsanal). Mayor Laut (P) Aan Harminanto (Kabagset Wakasal) langsung menuju Pelabuhan Pananaru untuk melihat secara langsung area atau lahan, yang nantinya akan dibangun Dermaga atau Markas TNI Angkatan Laut. 


Ditemui di sela-sela kegiatan, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono menyampaikan jika kedatangannya ke Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk meninjau secara langsung lokasi pembangunan Dermaga atau Markas TNI Angkatan Laut. 

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.


“Pagi ini saya ditemani pak Bupati meninjau lokasi ini (Pelabuhan Pananaru) yang direncanakan akan dibangun Pangkalan Angkatan Laut di sini. Makanya kita akan mulai dengan pembangunan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) di sini,” katanya. 


Diakui Wakasal, jika tempat tersebut sangat aman dan strategis jika di jadikan sebagai Dermaga atau Markas TNI Angkatan Laut dalam menjaga wilayah perbatasan Indonesia-Filipina. 


“Kita lihat bersama, tempat ini sangat bagus dengan teluk yang sangat aman, dan juga mendekati perbatasan. Sehingga nanti KRI-KRI kita dapat berpatroli mengamankan wilayah di daerah perbatasan,” jelasnya.


“Dengan keberadaan kita (TNI AL) di sini mudah-mudahan dapat memicu pembangunan daerah. Karena pastinya kalau ada Dermaga, ada Kantor Angkatan Laut di sini pangsa pasar dapat meningkat dan sebagainya,” sambung Purwono.


Pemilihan Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan salah satu program sinergitas dari TNI Angkatan Laut dengan wilayah-wilayah yang dianggap strategis dalam menjaga keamanan Laut di Republik Indonesia. 


“Ini merupakan peran kita dalam membangun Angkatan Laut bersinergi dengan daerah. Sehingga Angkatan Laut bisa mendapatkan kemudahan, dan juga berperan memacu pembangunan di daerah, terutama sektor ekonomi masyarakat,” pungkas Wakasal sambil memastikan setelah peninjauan bersama para staf ahlinya, akan  melakukan perancangan dan berharap pembangunan Dermaga dan Markas TNI di Pananaru segera dilaksanakan. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020