Ada Lomba Foto Berhadiah Jutaan Rupiah di Manado Youth Festival. Ini Persyaratan Yang Wajib Diketahui !

MANADO — Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan beberapa kegiatan lomba yang menyatu dalam kegiatan Manado Youth Festival 2019.

Beberapa kegiatan lomba antara lain ada lomba foto dan vlog yang dalam teknis penilaiannya memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Dimana, lomba foto persyaratannya yaitu terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang berusia 16 sampai 30 tahun dan tidak dipungut biaya.

“Karya foto tidak boleh mengandung unsur pornografi, sara, politik, sadisme dan cara hal-hal yang bersifat merendahkan atau melecehkan pihak lain. Serta, model realise dan properti menjadi tanggung jawab peserta jika timbul tuntutan di kemudian hari,” ujar Yunan, panitia pelaksana lomba.

Lanjutnya, untuk foto yang dilombakan adalah foto berwarna bukan hitam putih atau Sephia yang diambil menggunakan kamera digital (DSLR/pocket/mirrorless). Untuk editing foto sebatas cropping, image rotation, image size, koreksi warna kecerahan foto (brightness, saturasi, level, dan sejenisnya) dan penajaman gambar tanpa mengubah menambah menggabungkan atau mengganti objek yang terdapat di dalam foto asli.

“Peserta lomba tidak diperkenankan menambahkan tulisan atau gambar apapun di dalam karya foto yang dilombakan. Untuk tema foto adalah Manado Fiesta 2019, dimana karya foto diambil dalam rentan waktu selama acara opening ceremony Manado Fiesta 2019 dan karnaval fish and coral pada tanggal 27 juli 2019,” tutur Yunan.

Sementara, untuk pendaftaran dibuka mulai tanggal 25 juni sampai dengan 25 Juli 2019. Dimana foto yang dilombakan dalam bentuk softcopy format file JPEG dengan resolusi 300 dpi dan ukuran foto sisi terpanjang maksimum 1920 pixel sedangkan sisi terpendek mengikuti aspek rasio foto. Besar file tidak boleh lebih dari 3 Mb, serta tidak menghilangkan data exif file foto.

“Peserta boleh mengirimkan maksimal 3 buah foto dengan alamat email lomba foto MF2019@gmail.com. Paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 1 Agustus 2019 jam 23.59 Wita dengan subjek email lomba foto MF 2019/nama peserta,” terang Yunan.

Ditambahkan ,penjurian lomba foto akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 4 Agustus 2019. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 5 agustus 2019 dan penyerahan hadiah selambat-lambatnya 2 minggu setelah pengumuman pemenang. Untuk persyaratan lain penyelenggara panitia berhak mendiskualifikasi foto sebelum dan selama penjurian apabila peserta melanggar syarat dan ketentuan lomba foto.

Berikutnya, juri berhak menganulir pemenang apabila peserta melakukan manipulasi lomba dan keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pemenang memberikan hak kepada penyelenggara untuk menggunakan foto dan yang dilombakan untuk keperluan publikasi dokumentasi dan pameran dengan mencantumkan nama fotografer.  Dan bagi peserta yang karya fotonya tidak juara namun dianggap layak digunakan oleh penyelenggara panitia akan dihubungi langsung.

“Pemenang dan nominasi wajib menyerahkan file foto yang dilombakan dengan ukuran JPG large sebelum penyerahan penerimaan hadiah,” pungkas Yunan. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020