Ketemu Kepala Bakamla RI, Ini Kata Sekprov Silangen

MANADO– Sektor kelautan dan kemaritiman berperan penting dalam pembangunan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terus berkoordinasi memperkuat terutama dalam pengelolaan keamanan laut.

Sekprov Edwin Silangen, SE, MS saat menerima kunjungan Bakamla RI Laksamana Madya A. Taufiq R di Ruang VIP Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (10/1/2019) (foto:Ist)

Hak tersebut dibuktikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Edwin Silangen, SE, MS menerima kunjungan kerja Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksamana Madya A. Taufiq R di Ruang VIP Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (10/1/2019).

Pertemuan turut dihadiri Kepala Zona Maritim Tengah Bakamla Bastomy Sanap dan para pejabat Pemprov Sulut.

Koordinasi dan sinergitas pemerintah daerah dan Bakamla harus diperkuat terutama dalam pengelolaan keamanan laut.

Disamping itu, Sekprov Silangen menambahkan Pemprov Sulut telah menyediakan lahan di Kalasey sebagai lokasi pembangunan Kantor Bakamla zona maritim tengah yang baru. Upaya ini sangat diapresiasi jajaran Bakamla.

Diketahui, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 32 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tentang Badan Keamanan Laut, pembentukan Kantor Keamanan Laut Zona Maritim ditujukan untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan keamanan dan keselamatan laut di wilayah tertentu.

Zona maritim merupakan perpanjangan tangan sekaligus ujung tombak pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang kantor pusat Bakamla RI di daerah, serta memikul beban dan tanggung jawab yang tidak ringan dalam menghadapi tantangan kemaritiman yang beraneka ragam dari waktu ke waktu.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020